Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kawah Ijen Dibuka Lagi, Jangan Lupa Taati Protokol Saat Berkunjung

Kompas.com - 12/07/2020, 21:15 WIB
Kahfi Dirga Cahya

Penulis

KOMPAS.com - Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen resmi dibuka kembali bagi wisatawan sejak Sabtu (11/7/2020).

Dilansir dari Antara, pembukaan TWA Kawah Ijen didahului simulasi dan evaluasi penerapan protokol kesehatan Covid-19.

"Sesuai Surat Edaran Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dibukanya kembali Kawah Ijen harus benar-benar menerapkan protokol kesehatan," kata Kepala Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) V Jember R Tjahjo Widodo usai meresmikan pembukaan TWA Kawah Ijen di Banyuwangi.

"Ini dibuka setelah ada rekomendasi dari Bupati Banyuwangi dan Bupati Bondowoso," lanjutnya. 

Baca juga: Hanya Ada Dua di Dunia, Uniknya Api Biru di Kawah Ijen

Dia menegaskan dibukanya kembali Kawah Ijen yang lokasinya berbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Bondowoso itu tetap wajib menerapkan protokol kesehatan selama pandemi Covid-19.

Bupati Banyuwangi dan Bupati Bondowoso sebelumnya juga telah menerjunkan tim untuk memantau dan melihat langsung kesiapan persyaratan protokol kesehatan, apakah telah terpenuhi atau belum oleh pengelola wisata Kawah Ijen.

"Dibukanya kembali TWA Kawah Ijen tentunya akan dilakukan evaluasi secara berkala oleh Pemkab Banyuwangi maupun Bondowoso," kata Tjahjo.

"Jangan sampai dengan dibukanya kembali wisata ini justru menjadi tempat penyebaran Covid-19," lanjutnya.

Baca juga: Berpetualang ke Kawah Ijen...

Sementara itu Sekretaris Daerah Kabupaten Banyuwangi Mujiono yang juga hadir dalam peresmian dibukanya kembali TWA Kawah Ijen mengingatkan pengunjung wisata favorit itu memperhatikan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker dan jaga jarak fisik.

"Ini merupakan ikhtiar kami dengan dibukanya kembali wisata Kawah Ijen supaya perekonomian bisa berjalan dan pendapatan masyarakat meningkat, tetapi harus tetap menerapkan protokol kesehatan," tuturnya.

Mujiono juga mengajak Pemkab Bondowoso untuk bersama-sama secara rutin dan berkala melakukan evaluasi setelah TWA Kawah Ijen dibuka kembali.

"Saat ini Pemkab Banyuwangi juga mempersiapkan infrastruktur jalan yang beberapa waktu lalu terjadi bencana alam tanah longsor," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com