Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KTO Jakarta Rilis Buku Panduan Wisata Korea untuk Turis Indonesia

Kompas.com - 17/07/2020, 21:00 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Ni Luh Made Pertiwi F.

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Korea Tourism Organization (KTO) Jakarta meluncurkan buku panduan komprehensif untuk wisatawan Indonesia yang hendak pergi ke Korea Selatan.

Melalui rilis yang diterima Kompas.com, pihak KTO Jakarta menerangkan, buku ini ditulis langsung oleh para staf KTO Jakarta berdasarkan pengalaman mereka berlibur di Negeri Ginseng tersebut.

Baca juga: 24 Wisata Korea ala Legend of the Blue Sea, Kunjungi Kelar Corona

"Sebenarnya KTO sudah buat beberapa buku panduan sebelumnya yang berisi misalnya Korea Travel Book, ini sudah rutin dibuat setiap tahunnya," kata Marketing Manager Korea Tourism Organization (KTO) Jakarta, Dwita Rizki N dalam online gathering bersama media, Jumat (17/7/2020).

Buku-buku tersebut seperti panduan restoran untuk muslim friendly dan lainnya. Namun, ada yang berbeda dengan buku panduan kali ini. Buku-buku panduan sebelumnya dikerjakan oleh KTO pusat.

"Jadi bisa dibilang buku panduan yang baru ini isinya adalah kombinasi dari buku-buku sebelumnya dan ditulis langsung oleh staf KTO yang orang Indonesia," kata Dwita.

Oleh karena itu, menurutnya, buku panduan ini cocok bagi wisatawan Indonesia karena ditulis langsung oleh staf KTO Jakarta.

Cover buku panduan Liburan #keKoreaAja Yuk! yang diterbitkan Korea Tourism Organization Jakarta.Dokumentasi Korea Tourism Organization Cover buku panduan Liburan #keKoreaAja Yuk! yang diterbitkan Korea Tourism Organization Jakarta.

Ia menambahkan, buku ini berisi seputar kebiasaan orang Indonesia ketika berlibur di Korea Selatan seperti berfoto, belanja, dan rekomendasi kafe-kafe unik.

"Jadi ini buku isinya pengalaman pribadi kami, yang kami datangi sendiri ke sana. Biasanya kalau lagi ada bisnis trip dan ada waktu extend atau waktu bebas, kami suka jalan-jalan sendiri dan ketemu tempat lucu. Nah tempat-tempat ini nantinya bisa dilihat di buku panduan," ujarnya.

Buku panduan ini juga membahas berbagai macam pertanyaan yang sering diajukan wisatawan Indonesia saat menyiapkan perjalanan ke Korea Selatan.

Selain itu, Dwita menerangkan bahwa buku ini dilengkapi dengan tips bermanfaat untuk wisatawan muslim.

Baca juga: TravelCast, Podcast Baru dari Kompas Travel Membahas Wisata Belanja di Korea Selatan

"Seperti atraksi wisata yang memiliki sarana ramah muslim dan tempat beribadah, serta panduan memilih jenis restoran yang ramah bagi wisatawan muslim," terangnya.

Seoul, Korea SelatanDok. Korea Tourism Organization Seoul, Korea Selatan

Konten dari buku panduan wisata Liburan #keKoreaAja Yuk! ini terdiri dari empat bagian utama yakni Informasi Umum tentang Korea, Atraksi Pariwisata, Restoran dan Lokasi Instagrammable.

Menurut Dwita, keempat konten tersebut dapat membantu wisatawan Indonesia untuk memilih dan menentukan atraksi wisata pilihan KTO Jakarta yang ingin dikunjungi.

Buku ini berisi 435 halaman dengan 16 chapter berbeda.

Dwita menjelaskan, wisatawan bisa mendapatkan buku panduan ini dengan mengunduh secara online. Cukup mengunduhnya melalui https://visitkorea.or.id/article/e-book-liburan-kekoreaaja-yuk 

Buku panduan ini bisa diunduh secara gratis atau tidak dipungut biaya. Dwita mengatakan apabila situasi sudah kondusif, buku ini juga bisa didapatkan secara offline atau dalam bentuk hard copy nya. Cukup datangi saja Kantor KTO Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com