Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Spot Menarik di Kebun Raya Bogor, Instagramable Sekaligus Edukatif

Kompas.com - 18/07/2020, 13:03 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Ni Luh Made Pertiwi F.

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Kebun Raya Bogor kembali buka untuk kunjungan umum sejak Selasa (7/7/2020) dengan menerapkan protokol kesehatan.

Wisatawan bisa berkunjung kembali dengan tetap menggunakan masker, menjaga jarak, dan selalu mencuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer.

Selain itu, sebelum berkunjung, wisatawan wajib melakukan pembelian tiket masuk secara online melalui www.kebunraya.id. Hal ini karena selama masa pandemi, Kebun Raya Bogor tidak menerapkan pembelian tiket langsung di tempat untuk mengurangi kontak fisik.

Tak sabar untuk berkunjung kembali ke Kebun Raya Bogor? Boleh saja, namun akan lebih baik jika kamu mengetahui beberapa spot menarik yang ada di kebun botani milik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) tersebut.

Baca juga: Jangan Lakukan Ini Saat Melihat Bunga Bangkai di Kebun Raya Bogor

Kamu bisa berfoto ala Instagrammable, berjalan santai, hingga menambah wawasan ilmu pengetahuan di beberapa tempat berikut ini.

Taman Teijsmann di Kebun Raya Bogor.Dokumentasi Kebun Raya Bogor Taman Teijsmann di Kebun Raya Bogor.

Taman Teijsmann

Spot menarik yang bisa kamu kunjungi di Kebun Raya Bogor salah satunya Taman Teijsmann. Taman ini dibangun pada 1884 oleh DR. Melchior Treub sebagai bentuk penghargaan kepada Johannes Elias Teijsmann atas jasa-jasanya terhadap perkembangan Kebun Raya Bogor.

Melihat situs resmi Kebun Raya Bogor, di pusat taman ini berdiri tegak sebuah tugu peringatan bagi Teijsmann. Kamu bisa lihat tugu berwarna cokelat tersebut yang ternyata terbuat dari batu granit khusus didatangkan dari Berlin, Jerman.

Kamu bisa lihat taman ini di dekat Taman Bambu dan Makam Kuno Belanda. Jika berada di taman ini, kamu juga bisa lihat lebih dekat Istana Bogor.

Taman Sudjana Kasan di Kebun Raya Bogor menyuguhkan pemandangan yang lumayan apik. Kumpulan bunga-bunga menghiasi taman, selain itu ada aliran sungai dan air mancur si tengahnya.KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Taman Sudjana Kasan di Kebun Raya Bogor menyuguhkan pemandangan yang lumayan apik. Kumpulan bunga-bunga menghiasi taman, selain itu ada aliran sungai dan air mancur si tengahnya.

Taman Soedjana Kassan

Kebun Raya Bogor didominasi oleh taman-taman indah nan menyejukkan. Taman selanjutnya yang bisa kamu kunjungi adalah Taman Soedjana Kassan.

Taman ini terletak paling jauh dari pintu utama Kebun Raya Bogor. Kamu bisa menikmati indahnya bunga dengan penuh warna di taman ini. Jika difoto dari atas permukaan, bunga-bunga tersebut akan membentuk garuda.

Baca juga: 6 Museum Unik Sekitar Kebun Raya Bogor, Yakin Pernah Mampir?

Selain itu terdapat pula air mancur hingga sungai kecil yang bisa dilihat di tengah taman. Biasanya spot ini tak ketinggalan menjadi incaran pengunjung yang mencari spot Instagrammable.

Salah satu spot berfoto atau selfie pertama di Kebun Raya Bogor yaitu taman Mexiko. Bebatuan dan tanaman kaktus yang khas membuat pemandangannya se otentik negara asalnya.KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Salah satu spot berfoto atau selfie pertama di Kebun Raya Bogor yaitu taman Mexiko. Bebatuan dan tanaman kaktus yang khas membuat pemandangannya se otentik negara asalnya.

Taman Meksiko

Masih spot taman, kamu harus melihat Taman Meksiko di Kebun Raya Bogor. Taman ini merupakan taman koleksi tanaman kaktus. Jumlah spesies tumbuhan iklim kering ini lebih dari 100 spesies seperti agave, yucca, kaktus dan tumbuhan sukulen lainnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com