Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Protokol Kesehatan di Kolam Renang dan Gym Hotel

Kompas.com - 21/07/2020, 10:15 WIB
Nabilla Ramadhian,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com – Fasilitas hotel seperti pusat kebugaran dan kolam renang di beberapa hotel di Indonesia sudah bisa digunakan kembali oleh tamu.

Kendati demikian, hotel tetap menerapkan protokol kesehatan yang tertera dalam acuan protokol kesehatan khusus sektor pariwisata Indonesia.

Protokol kesehatan disahkan melalui KMK Nomor HK.01.07/Menkes/382/2020 tentang Protokol Kesehatan Bagi Masyarakat di Tempat dan Fasilitas Umum dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Lewat undangan Tiket.com, Kompas.com berkesempatan untuk menginap di salah satu hotel di Jakarta untuk melihat bagaimana penerapan protokol kesehatannya, Jumat (17/7/2020).

Baca juga: Protokol Kesehatan di Restoran Hotel, Pakai Barcode dan Tamu Dibatasi

Pusat kebugaran

Pusat kebugaran The Kuningan Suites terletak di lantai R, tepatnya satu lantai di bawah kolam renang. Untuk menuju ke sana, tamu bisa menggunakan lift yang sudah tersedia hand sanitizer di dalamnya.

Pusat kebugaran terletak di dalam ruangan yang dulunya merupakan sebuah penthouse. Alatnya pun dibatasi hanya lima saja.

“Alat gym diberi jarak masing-masing sekitar 1 – 2 meter. Sebelumnya gym selalu pakai AC, sekarang sirkulasi udara dari jendela-jendela penthouse yang dibuka,” kata Assistant Security Manager The Kuningan Suites, Afriyanto, kepada Kompas.com, Sabtu (18/7/2020).

Protokol kesehatan hotel The Kuningan Suites, Jakarta, Jumat (17/7/2020).kompas.com / Nabilla Ramadhian Protokol kesehatan hotel The Kuningan Suites, Jakarta, Jumat (17/7/2020).

Selanjutnya, Afriyanto menuturkan bahwa para tamu dianjurkan untuk menggunakan hand sanitizer yang terletak di dalam kamar mandi sebelum dan sesudah menggunakan fasilitas.

Saat saya berkunjung ke sana, terdapat satu alat yang bisa digunakan oleh empat orang secara bersamaan.

Terkait hal tersebut, Afriyanto mengatakan bahwa pihaknya berencana untuk memberi partisi agar para tamu bisa menggunakannya dengan aman dan tetap mematuhi aturan jaga jarak.

“Tamu diharapkan pakai masker jika memungkinkan, jadi olahraga jangan terlalu intens,” ujar Afriyanto.

Baca juga: Bagaimana Menginap di Hotel Saat New Normal?

Saat ini, tamu yang datang dalam satu waktu dibatasi sesuai dengan alat olahraga yang tersedia. Namun, mereka dianjurkan untuk berolahraga tidak lebih dari satu jam.

Pusat kebugaran hotel tersebut juga tidak menyediakan peminjaman alat olahraga seperti alas yoga. Tamu harus membawanya sendiri jika ingin melakukan yoga.

Kendati pihak hotel menyediakan galon air, namun tamu dianjurkan untuk membawa botol minum sendiri karena pusat kebugaran tidak menyediakan gelas.

“Gym disemprot dan dielap disinfektan. Lalu didiamkan selama satu jam (steril tanpa pengunjung),” pungkas Afriyanto.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com