Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisata ke Gunung Wudang China, Tempat Syuting Film Karate Kid

Kompas.com - 02/08/2020, 10:10 WIB
Nabilla Ramadhian,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Penggemar Jackie Chan mungkin tidak asing dengan film tahun 2010 berjudul The Karate Kid. Film yang turut dibintangi Jaden Smith tersebut melakukan pengambilan gambar di beberapa lokasi.

Salah satu adegan dalam film tersebut saat karakter yang diperankan Jackie Chan melatih Jaden Smith menggunakan dua tongkat bambu di sebuah danau diambil di Gunung Wudang.

Gunung Wudang yang berlokasi di Kota Shiyan, Provinsi Hubei, China terkenal dengan kompleks bangunan kunonya yang berhasil masuk dalam daftar Warisan Dunia milik UNESCO.

Kendati demikian, pemilik Ayo Travelink Club Henry Huang menuturkan, ternyata gunung tersebut memang kerap dijadikan sebagai lokasi pengambilan gambar film bertemakan kungfu.

“Sangat terkenal. Masuk di banyak film-film kungfu. Tempat aliran Taichi, tempat wisata juga. Jackie Chan ada (pengambilan gambar) film Karate Kid,” kata Henry.

Hal ini disampaikan dalam acara Live Instagram Kompas.com Travel Talk “Jalan-jalan ke Wuhan hingga Guizhou China, Bisa Nikmati Apa Saja?”, Kamis (30/7/2020).

Baca juga: Wisata ke Wuhan, Kunjungi Tempat Lahir Seni Bela Diri Tai Chi

Ilustrasi China - Salah satu kompleks bangunan kuno di Gunung Wudang, Provinsi Hubei, China.SHUTTERSTOCK Ilustrasi China - Salah satu kompleks bangunan kuno di Gunung Wudang, Provinsi Hubei, China.

Henry menuturkan, Gunung Wudang merupakan tempat asal muasal seni beladiri Taichi, juga dikenal sebagai Taijiquan, yang memiliki pemandangan menarik.

Lantas, seberapa menariknya tempat wisata yang kerap dijadikan sebagai lokasi pengambilan gambar film-film kungfu tersebut?

Belajar Taichi sambil menikmati pemandangan alam

Gunung Wudang merupakan tempat lahirnya seni beladiri dan senam kesehatan Taichi, juga dikenal sebagai Taijiquan.

Saat berkunjung ke sana, mengutip Chinadiscovery.com, wisatawan bisa melihat beberapa pendeta Taoisme berlatih Taijiquan dan seni beladiri lain seperti Xing Yi Quan.

Namun jika lebih ingin menikmati alam, wisatawan akan disuguhi pemandangan dari 72 perbukitan yang dipenuhi pepohonan rindang.

Baca juga: 5 Alasan East Lake di Wuhan China Disukai Wisatawan

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com