Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisata Bali, Ini 5 Pura yang Wajib Dikunjungi

Kompas.com - 03/08/2020, 10:29 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Ni Luh Made Pertiwi F.

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Bali selain berjuluk pulau Dewata juga memiliki nama lain yang disematkan wisatawan, yaitu pulau Seribu Pura. Julukan tersebut disematkan karena banyaknya pura yang ada di Bali.

Pura di Bali tak hanya digunakan sebagai tempat ibadah umat beragama Hindu, namun di sisi lain juga menjadi daya tarik wisata. Hal ini karena keindahan alam di sekitarnya, ciri khas bangunan dari pura, dan adat istiadat seperti upacara yang mampu menarik wisatawan untuk datang.

Lantas, pura mana saja yang wajib dikunjungi jika sedang berada di Bali? Tour Leader dari Avia Tour, Sonny merekomendasikan lima pura menarik yang sayang apabila dilewatkan.

Baca juga: Begitu Magis, Terhipnotis Tari Kecak di Pura Uluwatu

Menurutnya, lima pura ini juga cocok untuk wisatawan peminat wisata budaya di Bali.

"Bali ini kan dikenal sebagai pulau Seribu Pura. Ada banyak banget kan Pura di Bali. Paling terkenal itu ya Pura Tanah Lot. Pasti semua pernah denger itu. Kemudian ada Mother of Temple yaitu Pura Besakih, Pura Uluwatu, Tirta Empul dan masih banyak lagi," kata Sonny dalam acara Live Instagram Kompas.com Travel Talk bertemakan "Tips Liburan ke Bali Selama Era New Normal", Selasa (28/7/2020).

Berikut Kompas.com rangkum lima pura yang wajib dikunjungi ketika sedang berlibur di Bali

Ratusan wisatawan domestik dan asing menikmati pesona sekitar Pura Tanah Lot, Kabupaten Tabanan, Bali, awal Juni 2012. Obyek ini menjadi salah satu unggulan Pulau Dewata setelah Pantai Kuta di Kabupaten Badung karena letaknya juga berdekatan. Rona tenggelamnya matahari menjadi pemandangan tak terlupakan di Tanah Lot.KOMPAS/AYU SULISTYOWATI Ratusan wisatawan domestik dan asing menikmati pesona sekitar Pura Tanah Lot, Kabupaten Tabanan, Bali, awal Juni 2012. Obyek ini menjadi salah satu unggulan Pulau Dewata setelah Pantai Kuta di Kabupaten Badung karena letaknya juga berdekatan. Rona tenggelamnya matahari menjadi pemandangan tak terlupakan di Tanah Lot.

Pura Tanah Lot

Hampir semua orang baik yang pernah ke Bali maupun yang belum, pasti pernah mendengar kata Pura Tanah Lot.

Pura ini terletak di Kabupaten Tabanan, sekitar 15 kilometer barat daya Denpasar. Uniknya, pura ini berada di atas batu karang Pantai Beraban.

Baca juga: Pura Tanah Lot, Obyek Wisata Terfavorit di Bali

Wisatawan biasa menikmati aktivitas wisata yaitu melihat bentuk bangunan pura sekaligus melihat matahari terbenam atau sunset.

Pura ini berada di tepi laut. Wisatawan pun banyak menjadikan Pura Tanah Lot sebagai daftar tempat wisata yang harus dikunjungi di Bali untuk melihat matahari terbenam.

Ilustrasi Bali - Pura Besakih.SHUTTERSTOCK Ilustrasi Bali - Pura Besakih.

Pura Besakih

Pura kedua yang wajib dikunjungi di Bali tak lain tak bukan adalah Pura Besakih. Pura ini juga dijuluki sebagai Mother of Temple.

Keunikan yang ditawarkan Pura Besakih yaitu berada di dataran tinggi yang salah satu sisinya menghadap langsung ke arah Gunung Agung.

Baca juga: Kemegahan Pura Besakih di Lereng Gunung Agung

Jika berwisata ke Pura Besakih, ada baiknya memilh bulan Maret atau April, karena pada saat itu akan ada upacara besar-besaran yang digelar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com