BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Oppo

Punya Rencana Staycation? Jangan Lupa Bawa Kamera dan 4 Barang Wajib Ini

Kompas.com - 11/08/2020, 15:42 WIB
Anissa DW,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com – Jalan-jalan dari satu tempat wisata ke lokasi wisata lain sambil mengabadikan setiap momennya dengan kamera dan berkeliling ke berbagai kota untuk mencicipi kuliner khas merupakan aktivitas-aktivitas yang biasa dilakukan ketika pergi berlibur atau travelling.

Sayangnya, karena wabah virus Covid-19, aktivitas liburan seperti itu sudah tidak memungkinkan untuk dilakukan. Tren liburan di adaptasi kebiasaan baru atau new normal pun diprediksi mengalami pergeseran.

Mengutip Kompas.com, Sabtu (30/5/2020), Presiden Joko Widodo mengatakan, di masa new normal, masyarakat atau wisatawan akan lebih memilih cara liburan alternatif yang tidak melibatkan banyak orang, seperti staycation.

Baca juga: Jokowi Prediksi Tren Staycation, Bagaimana Tanggapan Asosiasi Hotel?

Merujuk dictionary.cambridge.org, staycation merupakan aktivitas liburan yang dilakukan di rumah atau di dekat rumah, bukan bepergian ke luar kota atau destinasi-destinasi wisata yang jauh dari rumah atau kota tempat tinggal.

Staycation dapat menjadi liburan alternatif karena dapat membantu menghilangkan penat tanpa perlu pergi ke tempat-tempat berkumpulnya banyak orang. Staycation juga bisa dilakukan dalam waktu singkat dan tidak memerlukan biaya besar daripada liburan ke luar negeri.

Selain berlibur di rumah, menginap di hotel menjadi salah satu cara untuk menikmati staycation selama dan sesudah pandemi virus corona. Hotel yang dipilih pun biasanya tidak jauh dari area tempat tinggal.

Jika kamu memiliki rencana untuk melakukan staycation di hotel atau penginapan, ada barang-barang yang cukup penting untuk dibawa agar liburan ala staycation semakin nyaman dan tetap seru. Berikut Kompas.com telah merangkumnya dari berbagai sumber.

Pakaian yang nyaman

Saat staycation, sebaiknya hindari menggunakan konsep busana yang berlebihan. Pilih pakaian yang nyaman untuk dikenakan dan sesuai dengan destinasi staycation, mulai dari model hingga bahannya.

Jika kamu liburan ke tempat bercuaca panas, bawalah pakaian yang terbuat dari kain yang ringan menyerap keringat, seperti bahan katun dan linen. Kaos katun, celana pendek katun, kemeja longgar berbahan linen, atau dress simple bisa jadi pilihan.

Untuk liburan ke kawasan berudara dingin, pakaian berbahan flanel, wol, atau nilon merupakan bahan pakaian yang mampu menjaga tubuh tetap hangat meski udara di luar dingin.

Sunscreen

Sunscreen atau tabir surya berfungsi untuk melindungi kulit dari efek buruk paparan sinar matahari. Akan tetapi, banyak orang beranggapan sunscreen hanya dibutuhkan ketika melakukan aktivitas di luar ruangan.

Padahal, sunscreen juga sebaiknya digunakan saat berada di dalam ruangan. Dikutip dari laman klikdokter.com, matahari memancarkan sinar ultraviolet A (UV A) yang bisa masuk ke dalam ruangan lewat kaca, bahkan ketika cuaca mendung sekalipun.

Untuk itu, pastikan selalu membawa sunscreen saat staycation, meskipun kamu tidak berencana beraktivitas di luar ruangan.

Obat-obatan pribadi dan perlengkapan kesehatan

Meskipun sedang berlibur, kamu tidak boleh lengah dalam menjaga kesehatan. Untuk itu, jangan lupa membawa obat-obatan pribadi dan vitamin ketika staycation.

Ilustrasi barang bawaan untuk staycation di masa new normalDok. SHUTTERSTOCK/SHYNTARTANYA Ilustrasi barang bawaan untuk staycation di masa new normal

Jangan lupa selalu bawa perlengkapan kesehatan, yaitu masker, hand sanitizer, dan cairan disinfektan. Biar lebih aman, kamu juga bisa membawa peralatan pribadi lainnya, seperti alat makan, handuk, hingga perlengkapan ibadah.

Perangkat entertainment

Biar staycation di hotel makin seru, tidak ada salahnya untuk membawa perangkat-perangkat hiburan, seperti laptop, tablet, speaker bluetooth, atau buku bacaan.

Buat kamu yang pergi staycation sendiri, barang-barang tersebut bisa mengisi waktu luang serta membuat sesi bersantai kamu menjadi lebih maksimal.

Kalau staycation dilakukan bersama pasangan atau keluarga, perangkat entertainment bisa digunakan untuk menciptakan aktivitas bersama yang menyenangkan, seperti menonton film favorit atau bermain game bersama.

Kamera

Tidak lengkap rasanya pergi berlibur tanpa berfoto. Karenanya, jangan lupa bawa kamera untuk mengabadikan keseruan liburan ala staycation.

Mengutip Kompas.com, Rabu (4/4/2018), kamera smartphone bisa jadi pilihan yang tepat untuk mengabadikan momen staycation karena lebih efisien dibandingkan kamera digital atau SLR.

Baca juga: Foto Liburan Mending Pakai DSLR atau Kamera Ponsel?

Selain itu, dengan smartphone kamu lebih mudah mengunggah hasil foto ke akun media sosial. Proses editing foto pun bisa langsung dilakukan di smartphone. Terlebih saat ini, kamera smartphone sudah dilengkapi berbagai fitur canggih, seperti kamera di smartphone Oppo Reno4.

Tak hanya ringkas untuk liburan, kamera Oppo Reno4 itu merupakan salah satu trendsetter dalam dunia mobile photography yang dapat menghasilkan foto-foto trendi.

Ponsel terbaru Oppo ini memiliki fitur baru AI Color Portrait yang mampu mengunci warna sesuai bentuk obyek dan mempertahankan rona warna favorit yang teridentifikasi sesuai opsi pada aplikasi kamera.

Fitur itu dapat membuat latar belakang foto menjadi hitam putih sekaligus menjaga obyek manusia dalam warna yang sebenarnya.

Jika memilih filter portrait color retention, obyek manusia yang akan menjadi highlight foto. Kalau memilih filter sky blue, forest green, atau crimson, warna biru, hijau, dan merah yang akan ditonjolkan.

Hasil foto menggunakan fitur AI Color Portrait milik Oppo Reno4 Rio Motret Hasil foto menggunakan fitur AI Color Portrait milik Oppo Reno4

AI Color Portrait menghasilkan warna yang sangat jelas dan kontras sehingga membuat hasil foto terlihat seperti sebuah karya seni.

Oppo Reno4 juga dapat menghasilkan foto malam hari yang lebih optimal berkat fitur Night Flare Portrait yang mengombinasikan fitur portrait mode dan night mode. Efek ini akan terlihat hasilnya ketika pengambilan foto dilakukan di lokasi yang sarat dengan kelap-kelip lampu.

Ketika digunakan, fitur Night Flare Portrait akan mendeteksi obyek manusia dan memberikan efek neon nan artistik pada lampu-lampu yang ada di background (latar belakang) obyek foto. Alhasil, obyek foto tampil lebih cerah di malam hari tanpa banyak proses editing.

Ada juga fitur 960fps AI Slow Motion yang bisa memproses rekaman video lambat hingga 960fps. Dengan fitur ini, kamu bisa mengabadikan momen estetik dengan efek video gerak lambat yang mampu menampilkan setiap detail gerakan.

Kecanggihan Oppo Reno4 itu bisa segera kamu miliki dengan memesannya secara preorder di e-commerce Lazada dan Oppo Store seluruh Indonesia, mulai 6-14 Agustus 2020. Selain itu, Oppo Watch juga sudah bisa dipesan dengan cara yang sama.

Bagi kamu yang memesan lewat preorder akan mendapatkan gift box OASE LP02 eksklusif senilai Rp 1 juta, bluetooth speaker, dan watch strap edisi terbatas, selama persediaan masih ada.

Nah, itu dia barang-barang bawaan yang penting untuk dibawa ketika staycation. Supaya liburan tetap aman dan menyenangkan, jangan lupa selalu menerapkan protokol kesehatan dengan menggunakan maker, physical distancing, serta rutin mencuci tangan, ya!


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com