Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Panjang Cuti Bersama 2020, Rekomendasi Wisata 4 Hari di Jabar

Kompas.com - 19/08/2020, 11:18 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Masyarakat Indonesia bisa kembali menikmati libur panjang mulai 20-23 Agustus 2020.

Liburan panjang dimulai dari Tahun Baru Islam 1442 Hijriah yang jatuh pada Kamis, 20 Agustus 2020 ditambah cuti bersama, Jumat 21 Agustus 2020, kemudian diakhiri akhir pekan 22-23 Agustus 2020.

Bagi yang ingin liburan, perlu diketahui bahwa pada saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19. Oleh karena itu, ada baiknya merencanakan liburan ke daerah-daerah terdekat untuk sementara waktu.

Baca juga: Cuti Bersama 2020, Libur Panjang 4 Hari pada Pekan Ini

Jika tinggal di Jakarta, ada beberapa daerah yang bisa dikunjungi yang paling dekat dari tempat tinggal--misalnya Jawa Barat.

Kamu bisa melakukan semacam trip singkat empat hari tiga malam di kota-kota Jawa Barat seperti Bogor, Bandung, Garut, dan Tasikmalaya.

Sebelum tancap gas kendaraanmu, tentu pastikan bahwa protokol kesehatan sudah dilengkapi seperti menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan atau membawa hand sanitizer.

Kompas.com telah merangkum beberapa rekomendasi liburan Tahun Baru Islam di Jawa Barat, berikut ini

Hari pertama ke Puncak Bogor

Daerah paling dekat dari Jakarta yaitu Bogor, Jawa Barat. Ketika musim liburan tiba, daerah Bogor selalu ramai oleh wisatawan.

Rekomendasi hari pertama, kamu bisa menikmati dinginnya Puncak Bogor dengan ditemani jagung bakar yang dijual di pinggir-pinggir jalan.

Wisatawan dari berbagai daerah nampak duduk menggunakan tikar sambil menikmati pemandangan kebun teh di Puncak Bogor, Jawa Barat, Senin (25/5/2020).KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Wisatawan dari berbagai daerah nampak duduk menggunakan tikar sambil menikmati pemandangan kebun teh di Puncak Bogor, Jawa Barat, Senin (25/5/2020).

Pagi nongkrong di Warpat

Tak hanya itu, kamu juga bisa mampir ke warung-warung yang ada di kawasan Puncak Bogor. Bagi kaum milenial, bisa mengunjungi Warung Patra atau biasa dikenal Warpat.

Warpat ini dikenal sebagai tempat nongkrongnya anak muda Jakarta yang ingin menikmati pemandangan alam dan dinginnya suhu udara Puncak Bogor.

Baca juga: Puncak Bogor Padat Wisatawan Asal Jakarta, Ini Respons Kadispar Jabar

Kamu bisa duduk santai di warung ini dan kumpul bersama teman. Obrolanmu akan semakin hangat dengan ditemani secangkir kopi dan jagung bakar.

Jika pergi ke Puncak Bogor, disarankan untuk datang pagi hari karena menjelang siang sampai sore, kawasan ini sudah padat oleh kendaraan.

bDarmanto memberi pakan jerapah di Taman Safari Bogor, Sabtu (9/5/2020). Selama penutupan karena adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dampak penyebaran Covid-19, Taman Safari Bogor tetap melakukan pemeliharaan, perawatan kesehatan dan pemberian pakan pada satwa.KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO bDarmanto memberi pakan jerapah di Taman Safari Bogor, Sabtu (9/5/2020). Selama penutupan karena adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dampak penyebaran Covid-19, Taman Safari Bogor tetap melakukan pemeliharaan, perawatan kesehatan dan pemberian pakan pada satwa.

Siang ke Taman Safari Bogor

Setelah pagi menikmati dinginnya Puncak Bogor, kamu bisa melanjutkan ke tempat wisata sekitar kawasan Puncak Bogor seperti Taman Safari Bogor.

Baca juga: Wisata ke Taman Safari Bogor hingga Bali Safari Marine Park, Ini Panduan Lengkapnya

Taman Safari Bogor juga sudah dibuka kembali dengan menerapkan protokol kesehatan. Harga tiket masuknya untuk orang dewasa Rp 185.000 pada hari biasa, dan untuk akhir pekan Rp 220.000.

Untuk anak-anak, harga tiket pada hari biasa adalah Rp 160.000 dan Rp 200.000 pada akhir pekan.

Malam menginap di hotel atau vila Puncak Bogor

Malamnya, kamu bisa menginap di beberapa vila dan hotel di Puncak Bogor. Ada banyak hotel dan vila murah di kawasan Puncak Bogor dengan rata-rata kisaran harga yaitu Rp 150.000.

Baca juga: 5 Hotel Kapsul Murah di Bandung, Harganya di Bawah Rp 200.000

Kamu bisa mengisi tenagamu dengan beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan hari berikutnya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com