Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selamat Tahun Baru Islam 1442 Hijriah, Ini Ucapan dan Doa yang Biasa Disampaikan

Kompas.com - 20/08/2020, 11:01 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tepat hari ini, Kamis (20/8/2020), umat Islam di seluruh dunia merayakan Tahun Baru Islam 1442 Hijriah. Di Indonesia, Tahun Baru Islam merupakan hari libur nasional.

Dosen Komunikasi FIDKOM Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta Deden Mauli Darajat mengatakan, belakangan ada kebiasaan mengucapkan Selamat Tahun Baru Islam sebagai ungkapan dan doa.

"Belakangan kebiasaan mengucapkan Tahun Baru Islam mulai menyeruak. Ucapan Selamat Tahun Baru Islam mengingatkan kita bahwa hidup selalu dinamis," kata dia saat dihubungi Kompas.com, Kamis (20/8/2020).

Ucapan dan doa Tahun Baru Islam tidak hanya menjadi kebiasaan. Menurut dia, aktivitas itu juga memiliki makna tersendiri bagi yang mengucapkannya maupun yang diucapkan.

Baca juga: Kraton Yogyakarta Tetap Buka, Alternatif Wisata Libur Tahun Baru Islam

Deden mengatakan, ucapan Selamat Tahun Baru Islam bermakna seseorang harus bisa berubah menjadi lebih baik di tahun yang baru.

"Jika tahun sebelumnya banyak kekurangan, maka di tahun baru harus berubah menjadi lebih baik. Jika ada kegagalan, menjadi pengingat untuk bangkit dan tetap berjuang seraya mengharap ridha Allah," ujar dia.

Tak hanya itu, Tahun Baru Islam juga memiliki makna Hijriah. Artinya adalah Hijrah. Kata Hijrah sendiri, jelasnya, memiliki makna pindah atau shifting.

"Seorang muslim yang memasuki Tahun Baru Islam harus berubah dari keburukan menuju kebaikan," sambung Deden.

Agenda pergantian Tahun Baru Islam di Lamongan, ditandai dengan pemukulan bedug dan kentongan bersama oleh jajaran Forkopimda, yang sekaligus penanda dimulainya Lamongan Muharram Festival.Dok. Humas Pemkab Lamongan Agenda pergantian Tahun Baru Islam di Lamongan, ditandai dengan pemukulan bedug dan kentongan bersama oleh jajaran Forkopimda, yang sekaligus penanda dimulainya Lamongan Muharram Festival.

Ia melanjutkan, hijrah juga bermakna keluar dari kegelapan, kebodohan dan kemunduran untuk beralih menuju cahaya illmu, penerang dan kemajuan.

Meski Tahun Baru Islam dirayakan umat Islam di Indonesia setiap tahun, tak sedikit yang bingung memilih kalimat ucapan Selamat Tahun Baru Islam.

Berikut Kompas.com rangkum kalimat ucapan Selamat Tahun Baru Islam 1442 Hijriah yang bisa kamu sampaikan kepada umat Islam, seperti dikutip Tribunnewsmaker.com:

Bahasa Indonesia

  1. Puji dan syukur kepada Allah yang memiliki semua yang ada di langit dan di bumi. Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharram 1442 H!
  2. Selamat Tahun Baru Islam. Semoga Islam semakin memberi cahaya peradaban di tengah masyarakat dunia. Amiin.
  3. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh! Kami mengucapkan, Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharram 1442 H. Semoga kita semua dapat Hijrah menuju kehidupan dan amal yang lebih baik.
  4. Selamat tahun baru Islam 1442 H. Moga makin bertambah keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT, damai selalu NKRI
  5. Bahasa jawanya garam itu adalah uyah. Niat hati kepasar membeli sayuran dapatnya akik. Selamat tahun baru Islam 1442 Hijriah. Semoga kita semua dapat hijrah ke kehidupan yang lebih baik
  6. Selamat tahun baru Islam, 1442 Hijriah. Semoga dengan semangat hijrah kita bisa menjadi manusia yang lebih baik dan bermanfaat untuk umat manusia. Kullu am wa antum bikhair

Baca juga: Libur Panjang Cuti Bersama 2020, Rekomendasi Wisata 4 Hari di Jabar

Bahasa Inggris

  1. On the auspicious day of Muharram, may Allah bless you with health, wealth, peace and happiness!May all the praises and thanks be to Allah to whom belongs all that is in heavens and in the earth. Have a blessed Muharram. Artinya, Pada hari 1 Muharram ini, semoga Allah senantiasa memberikan kesehatan, kekayaan, kedamaian dan kebahagiaan! Puji dan syukur kepada Allah yang memiliki langit dan bumi.
  2. May Allah Almighty shower his blessing on the Muslim Ummah all over the world. Happy new Hijri year. 1440 Mubarak. Let us also remember the month of Muharram. Let us remember Muharram ul Haram, the month worthy of reverence, and Ashura, and also remember Karbala with sorrow. Let us send our greetings and regards to Allah’s Messenger and his family. Artinya, Semoga Allah SWT memberikan berkahnya pada Umat Muslim di seluruh dunia. Selamat Tahun Baru Islam 1440 H.Mari kita juga mengingat bulan Muharram. Marilah kita mengingat Muharram ul Haram, bulan yang patut dihormati, dan Asyura, dan juga mengingat Karbala dengan kesedihan. Mari kita kirimkan salam dan doa untuk Rasulullah dan keluarganya.
  3. Wishing you and your family a New Year full of peace, happiness, and abundance of all.May Allah bless you throughout the new year. Muharram Mubarak! Artinya, Semoga Anda dan keluarga Anda mendapat Tahun Baru yang penuh kedamaian, kebahagiaan, dan kelimpahan semua.Semoga Allah merahmati Anda sepanjang tahun baru. Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharram 1442 H!
  4. As the Hijri New Year begins, let us pray that it will be a year full of peace, and happiness. May Allah bless you throughout the new year. Artinya, Saat Tahun Baru Islam dimulai, marilah kita berdoa semoga tahun ini menjadi tahun yang penuh kedamaian, dan kebahagiaan. Semoga Allah memberkati Anda sepanjang tahun baru ini.
  5. I pray for your and your family's happiness and well-being. May you all have an amazing year ahead. Happy New Hijri Year! Artinya, Saya berdoa untuk kebahagiaan dan kesejahteraan Anda dan keluarga Anda. Semoga Anda semua memiliki tahun yang luar biasa ke depan. Selamat Tahun Baru Islam!
  6. May Allah shower you with gifts of love, bravery, wisdom, contentment, health, patience and cleanliness. Happy New Hijri Year! Artinya, Semoga Allah melimpahkan cinta, keberanian, kebijaksanaan, kepuasan, kesehatan, kesabaran dan kebersihan padamu. Selamat Tahun Baru Islam!
  7. Happy Islamic New Year to all. May this new year bring a lot of peace, prosperity & happiness to the world. May Allah protect us. Artinya, Selamat Tahun Baru Islam untuk semua. Semoga tahun baru ini membawa banyak kedamaian, kemakmuran, dan kebahagiaan bagi dunia. Semoga Allah melindungi kita.

Bahasa Arab

  1. Kullu ‘aamin wa anta bi khoir atau Fii kulli ‘aamin wa anta bi khoir (Setiap tahun, semoga Anda dalam kebaikan). Selamat tahun baru 1440H. Dijawab: wa anta kadzalik, nas’alulloha lana wa laka kulla khoir (Semoga Anda juga demikian, kami memohon segala kebaikan kepada Allah, untuk kami dan untuk Anda).
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com