Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semua Jalur Pendakian Gunung via Wonosobo Tutup Mulai 24 Agustus 2020

Kompas.com - 22/08/2020, 17:05 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Imbas naiknya kasus Covid-19 di Kabupaten Wonosobo, seluruh pengelola basecamp gunung di sana memutuskan menutup wisata pendakian mulai Senin (24/8/2020).

Informasi itu didapat dari Ketua Forum Koordinasi Gunung Prau Indonesia (FKPI) Harsono saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (22/8/2020).

"Informasi terkini, bahwa semua basecamp di Kabupaten Wonosobo, akan ditutup mulai hari Senin besok sampai waktu yang belum ditentukan," kata dia.

Harsono melanjutkan, penutupan itu merupakan imbas dari adanya peraturan rapid test bagi wisatawan luar Wonosobo.

Baca juga: Jalur Pendakian Gunung Sindoro via Kledung Buka Kembali

Menurut dia, penutupan juga sudah merupakan kesepakatan antara basecamp se-Kabupaten Wonosobo.

"Jadi ini kesepakatan antara basecamp se-Kabupaten Wonosobo. Daripada menimbulkan banyak pro kontra," tambahnya.

Panorama Dataran Tinggi Dieng dilihat dari Gunung Sindoro.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Panorama Dataran Tinggi Dieng dilihat dari Gunung Sindoro.

Ia pun lantas mengirimkan foto kepada Kompas.com melalui WhatsApp, berupa hasil diskusi basecamp pendakian gunung se-Kabupaten Wonosobo pada rapat Hari Sabtu (22/8/2020).

Dalam foto tersebut, tertulis bahwa penutupan pendakian gunung di wilayah Wonosobo bertujuan untuk membantu Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Wonosobo menekan angka penyebaran Covid-19 yang belakangan naik.

"Maka jalur pendakian Gunung se-Kabupaten Wonosobo kami tutup untuk sementara waktu mulai tertanggal 24 Agustus 2020 sampai batas waktu yang belum bisa kami tentukan," tulis pengumuman tersebut.

Baca juga: Catatan Panduan Mendaki Gunung Sindoro via Tambi (1)

Selain itu, pihak basecamp juga menuliskan usulan ke Pemerintah Daerah (Pemda) untuk menerapkan protokol kesehatan di semua pelayanan publik.

Adapun, hasil diskusi ini juga ditandatangani langsung oleh para peserta dari semua basecamp gunung di Kabupaten Wonosobo.

Jalur pendakian gunung via Wonosobo yang ditutup

Terdapat 15 tandatangan pengelola basecamp di Wonosobo yang menyatakan menutup jalur pendakian untuk sementara waktu.

15 basecamp itu yakni Sumbing via Garung, Sindoro via Alang-alang Sewu, Sindoro via Sigedang, Sindoro via Banaran, Gunung Kembang via Lengkong, dan Gunung Kembang via Blembem.

Kemudian, ada basecamp Bismo via Deroduwur, Bismo via Silandak, Bismo via Sikunang, Bismo via Pulosari, Bismo via Maron, Prau via Patak Banteng, Prau via Kalilembu, Prau via Igirmranak, dan Prau via Dieng.

Pengumuman penutupan wisata pendakian gunung di basecamp wilayah Wonosobo juga sudah diinformasikan melalui akun media sosial @sindorosumbingmountain.

Gunung Sumbing Dilihat dari Gunung Sindoro.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Gunung Sumbing Dilihat dari Gunung Sindoro.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com