Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rute Sepeda di Yogyakarta, Jelajah Kampung hingga Belajar Batik

Kompas.com - 25/08/2020, 08:05 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Berwisata di Kota Yogyakarta juga bisa dinikmati dengan cara bersepeda. Selain pergi ke tempat-tempat wisata dengan menggunakan sepeda, juga akan membuat badan lebih sehat karena sekaligus berolahraga.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta, Windarto Koeswandono mengatakan, akan ada beberapa rute sepeda yang bisa dinikmati wisatawan maupun masyarakat di Kota Yogyakarta.

"Ada rute yang akan kita gagas, cuma masih belum fix. Masih kita verifikasi, setiap Jumat kita akan menyusuri rute yang akan kita rencanakan. Ini merupakan rencana-rencana besarnya," kata Windarto saat dihubungi Kompas.com, Senin (24/8/2020).

Baca juga: Main di Pantai Selatan Yogyakarta, Hati-hati Gelombang Tinggi

Adapun rute-rute tersebut bertujuan untuk membuat wisatawan tidak hanya menikmati bersepeda di rute yang sudah biasa seperti Malioboro dan Tugu Yogyakarta saja.

Namun, kata dia, untuk menunjukkan kepada wisatawan yang datang ke Kota Yogyakarta bahwa ada destinasi wisata lain di daerah tersebut.

"Ada destinasi tertentu yang itu patut untuk dikunjungi. Jadi ini bisa sebagai panduan kira-kira wisatawan mau ke mana pakai sepeda," ujarnya.

Baca juga: Wisata Malioboro Menggeliat, Ada 18.375 Kunjungan Wisatawan saat Libur Panjang

Rute wisata sepeda ini akan melewati perkampungan bersejarah di Yogyakarta yaitu Kota Gede. Kemudian ada juga rute yang melewati museum hingga Keraton Yogyakarta.

Meski baru berupa perencanaan, namun pihaknya sudah menyampaikan paket wisata ini kepada pihak Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta untuk digodok kembali sebagai paket wisata sepeda.

"Intinya kita ingin menumbuhkan UMKM atau destinasi yang selama ini belum dikenal. Dengan ini bisa dikenal dengan baik dan bisa lebih maju setelah dilalui wisatawan," terangnya.

Baca juga: Diusir dari Hotel, Sanksi jika Wisatawan Langgar Protokol Kesehatan di Yogyakarta

Berikut rute-rute yang rencananya akan dilalui wisatawan sepeda.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com