Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siap-siap, Thailand Akan Buka untuk Turis Asing pada 1 Oktober 2020

Kompas.com - 27/08/2020, 12:05 WIB
Lenny Septiani,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi

Sumber CNN

KOMPAS.com - Setelah beberapa bulan ditutup, Pemerintah Thailand segera membuka kembali pariwisata untuk turis asing pada 1 Oktober 2020.

Kunjungan wisata ini dengan syarat masa tinggal yang lama dan sudah mencakup masa karantina.

Thailand tidak melaporkan kasus penularan Covid-19 dalam tiga bulan terakhir, sehingga wisatawan akan merasa aman untuk berkunjung.

Baca juga: Thailand Belum Terima Turis Asing Tahun Ini

Dalam forum publik pekan lalu, Menteri Pariwisata Thailand Phiphat Ratchakitprakarn, mengatakan, Thailand mengizinkan turis asing masuk melalui program yang disebut “safe and sealed”.

"Saya telah meminta persetujuan perdana menteri untuk menetapkan 1 Oktober sebagai tanggal untuk mengizinkan turis asing untuk masuk," katanya melansir laman CNN (25/8/2020).

"Saya juga telah meminta untuk menggunakan Phuket sebagai model percontohan, dan telah mendapat persetujuan dari Center for Economic Situation Administration," lanjutnya.

Baca juga: Thailand, Negara yang Aman Dikunjungi Wisatawan Saat Pandemi Covid-19

Pembukaan pariwisata tersebut berawal dari diizinkannya wisatawan terbang ke Phuket, pulau terbesar di Thailand, dan melakukan karantina selama 14 hari di resor yang sudah ditentukan.

Resor yang telah ditentukan, merupakan zona khusus satu kilometer, yang memungkinkan wisatawan untuk menghabiskan waktu di pantai selama karatina.

Wisatawan harus menjalani tes Covid-19 di awal dan akhir masa karantina. Kemudian, mereka akan bebas melakukan perjalanan di pulau itu.

Jika ingin berpergian ke luar Phuket, maka harus menjalani karantina dengan tujuh hari tambahan dan melakukan tes Covid-19 ketiga pada akhir periode karantina 21 hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com