Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah Pengunjung Malioboro Berangsur Normal Seperti Sebelum Pandemi

Kompas.com - 29/08/2020, 17:50 WIB
Wisang Seto Pangaribowo,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.COM - Jumlah wisatawan yang berkunjung ke Malioboro hampir mendekati normal seperti sebelum masa pandemi covid-19.

Meski demikian, jumlah thermogun yang dimiliki unit pelaksana teknis (UPT) Malioboro tinggal 3 buah.

Kepala UPT Malioboro Ekwanto mengatakan, sekarang jumlah wisatawan tiap harinya yang berkunjung ke Malioboro sudah mencapai 2.000 pengunjung.

"Hari biasa rata-rata 2.000 kurang sedikit. Sudah mulai beranjak normal, tetapi dibagi ke beberapa zona," kata dia saat ditemui wartawan di Malioboro, Jumat (28/8/2020).

Baca juga: Wisata Malioboro Menggeliat, Ada 18.375 Kunjungan Wisatawan saat Libur Panjang

Naiknya jumlah wisatawan tidak dibarengi ketersediaan thermogun yang disiapkan untuk mengukur suhu tubuh wisatawan di setiap pintu masuk Malioboro.

"Thermogun sempat rusak. Delapan unit harus diperbaiki, tetapi tiga hari setelahnya rusak lagi, sekarang tinggal 3," imbuh Ekwanto.

Pihaknya pun menginginkan agar alat pengukur suhu tubuh menggunakan sebuah layar yang diletakkan di sisi utara maupun selatan Malioboro.

"Kalau mau beli yang model layar, kami kesulitan di ruang terbuka. Kalau hujan gimana? Ini ruang terbuka, ya gimana susah," ujar dia.

Suasana Malioboro pada akhir libur panjang, Senin (17/8/2020)Kompas.com/Wisang Seto Pangaribowo Suasana Malioboro pada akhir libur panjang, Senin (17/8/2020)

Untuk menambah thermogun yang ada saat ini, UPT Malioboro harus melakukan pengadaan terlebih dahulu karena harus dengan mekanisme anggaran, sehingga tidak bisa langsung asal membeli.

"Kami proses pengusulan pengadaan dari maret sampai sekarang. 25 thermogun enggak mampu, rusak," kata Ekwanto ungkapnya.

Adapun, saat ini sudah 90 persen dari jumlah pedagang telah membuka lapaknya di sekitar Malioboro, mengingat saat ini jumlah pengunjung telah berangsur-angsur normal.

Akibatnya, petugas Jogoboro harus bekerja ekstra keras mengingatkan pengunjung untuk menerapkan protokol kesehatan dan mengimbau mereka agar tidak membuang sampah sembarangan.

Baca juga: Kata Sultan HB X soal Melonjaknya Jumlah Pengunjung Malioboro

"Sudah diberi tulisan imbauan, ettapi tetap banyak pelanggar. Sekali tempo kami bersihkan," ujar Ekwanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com