Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asyik, Kampung Tridi dan Jodipan Malang Buka Lagi 3 September 2020

Kompas.com - 01/09/2020, 16:05 WIB
Nabilla Ramadhian,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Kota Malang di Jawa Timur memiliki beberapa kampung wisata unik yang selama beberapa bulan terakhir ditutup untuk sementara waktu akibat pandemi Covid-19.

Kendati demikian, Kampung Tridi dan Kampung Warna-warni Jodipan akan segera dibuka kembali untuk menyambut wisatawan.

“Kampung Tridi dan Kampung Warna-warni kira-kira akan dibuka 3 September 2020,” kata Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni, kepada Kompas.com, Selasa (1/9/2020).

Baca juga: Wisata Terbaru di Malang, Asyik Selfie di Kampung Tridi

Ida menambahkan, saat ini pengelola kedua kampung wisata tersebut masih melengkapi sejumlah protokol kesehatan.

Sementara selama penutupan sementara berlangsung, baik Kampung Tridi maupun Kampung Warna-warni Jodipan memperbarui atraksi wisata yang ada di sana.

“Mereka melakukan pengecatan kembali, membenahi wahana yang rusak,” ungkap Ida.

Dibuka secara serentak

Sebelumnya, Kampung Tridi yang berlokasi di Jalan Temenggungan Ledok, Kesatrian, Kecamatan Blimbing ditutup untuk sementara waktu sejak Maret 2020.

Sementara itu, Kampung Warna-warni Jodipan di Kelurahan Jodipan, Kecamatan Blimbing ditutup untuk sementara waktu pada 17 Maret.

Wisatawan ramai mengunjungi Kampung Warna-warni, Malang, Jawa Timur, Minggu (05/11/2017). Ratusan rumah di tepi Sungai Brantas itu dicat gambar warna-warni untuk menarik wisatawan berkunjung. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO
KRISTIANTO PURNOMO Wisatawan ramai mengunjungi Kampung Warna-warni, Malang, Jawa Timur, Minggu (05/11/2017). Ratusan rumah di tepi Sungai Brantas itu dicat gambar warna-warni untuk menarik wisatawan berkunjung. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO

Ida menuturkan, kedua kampung tematik tersebut akan dibuka kembali secara bersamaan karena adanya jembatan kaca.

“Mereka saling terhubung dengan jembatan kaca. Kalau salah satu saja yang buka, orang tidak bisa menyeberang,” tutur Ida.

Kendati dua kampung tematik tersebut akan dibuka kembali pada awal September, tetapi kampung wisata lain masih belum tahu kapan akan dibuka kembali.

Baca juga: 5 Tempat Wisata Malang yang Sudah Buka Saat New Normal

“Kampung-kampung tematik belum semua dibuka. Mereka belum berani buka karena kebanyakan di Kota Malang di areal perumahan dan saling berhimpitan,” ujar Ida.

“Mereka takut terkontaminasi, mereka merasa kesehatan lebih perlu daripada menerima kunjungan,” lanjutnya.

Pada masa pandemi seperti saat ini, pastikan saat berkunjung tetap melakukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, yaitu dengan mengenakan masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, serta tidak bepergian jika demam atau suhu tubuh di atas 37,3 derajat Celsius.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com