Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uniknya Etu, Tinju Adat yang Justru Mengakrabkan di Nagekeo, NTT

Kompas.com - 01/09/2020, 17:05 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kabupaten Nagekeo di Nusa Tenggara Timur (NTT) tengah mengembangkan atraksi budaya yang bisa menjadi daya tarik pariwisata yaitu Tinju Etu.

Tinju Etu sendiri biasanya dilakukan kaum laki-laki masyarakat adat di Kabupaten Nagekeo dan Ngada, Flores, NTT.

Bupati Nagekeo Johanes Don Bosco Do mengatakan, Tinju Etu ini bisa dilihat di 31 kampung adat dan dilakukan sepanjang bulan setiap tahunnya.

"Sehingga Badan Otorita Pariwisata Labuan Bajo Flores menawarkan Etu ini sebagai pintu masuk Nagekeo. Etu sebagai pioneer pariwisata Nagekeo," kata dia.

Pernyataan itu Johanes sampaikan dalam webinar Tata Kelola Pariwisata Flores NTT Menuju Era Adaptasi Kebiasaan Baru yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Jumat (28/8/2020).

Baca juga: Tradisi “Sepa Api” dari Nagekeo

Untuk menunjang atraksi tersebut sebagai daya tarik wisata, pihaknya bersama Dinas Pariwisata NTT tengah menata ulang semua sistem pendukung wisata.

Semua itu, seperti kerajinan, penerapan Sapta Pesona di Kampung Adat, penataan lingkungan, dan mengembangkan kamar di rumah penduduk yang layak sewa.

Kabupaten Nagekeo juga mendapat bantuan dari Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), sehingga masyarakat adat, kamar-kamarnya bisa digunakan untuk menerima tamu.

Lalu seperti apa Tinju Adat atau Tinju Etu di Nagekeo?

Atraksi memperingati hari menanam hingga panen kebun

Tinju Etu merupakan sebuah atraksi budaya sebagai salah satu rangkaian acara adat untuk memeringati hari menanam hingga panen kebun.

Biasanya, tinju Etu dilakukan pada Bulan Juni dan Juli setiap tahunnya. Selain itu, Tinju Etu juga merupakan bagian integral dalam rangkaian adat Nagekeo dan Ngada yang sudah berlangsung berabad-abad.

Musik bambu memberikan semangat kepada para petarung Etu dalam tradisi Etu di Kampung Lembah Wulu, Kecamatan Maupongo, Kabupaten Nagekeo, NTT, Minggu, (1/3/2020). (HANDOUT/HUMAS PEMDA NAGEKEO)KOMPAS.COM/MARKUS MAKUR Musik bambu memberikan semangat kepada para petarung Etu dalam tradisi Etu di Kampung Lembah Wulu, Kecamatan Maupongo, Kabupaten Nagekeo, NTT, Minggu, (1/3/2020). (HANDOUT/HUMAS PEMDA NAGEKEO)

Tinju Etu juga merupakan bagian dari ritual adat lainnya yang wajib dilaksanakan di tempat tertentu, yaitu Kisa Nata atau alun-alun dan rumah adat atau sa'o waja.

Kedua tempat itu merupakan pusat dari aktivitas adat dan kebudayaan masyarakat Nagekeo dan Ngada.

Wisatawan bisa mengikuti rangkaian atraksi budaya itu, bahkan sejak sehari sebelumnya. Ada serangkaian acara menarik yang diselenggarakan, seperti pertunjukkan seni musik dan tari dero.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com