Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Ruang Isolasi di Kereta Api untuk Penumpang dengan Suhu Tubuh Tinggi

Kompas.com - 02/09/2020, 16:10 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Perjalanan kereta api jarak jauh (KAJJ) semakin bertambah dengan adanya relaksasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi.

Oleh karena itu, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta memastikan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Menurut Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa, salah satu pencegahan Covid-19 yang diterapkan KAI adalah menyediakan ruang isolasi sementara di kereta.

Tujuan ruang isolasi tersebut untuk menanggulangi jika ada penumpang yang tiba-tiba memiliki suhu 37,3 derajat celsius atau lebih.

"Sebagai antisipasi, pada setiap kereta juga telah dilengkapi ruang isolasi sementara jika di perjalanan kedapat penumpang dengan suhu tubuh lebih dari 37,3 derajat celsius," kata Eva seperti dikutip rilis yang diterima Kompas.com, Selasa (1/9/2020).

Penanganannya pun tak cukup sampai di situ. Penumpang bersuhu 37,3 derajat tersebut akan diturunkan di stasiun terdekat yang memiliki pos kesehatan untuk penanganan lanjutan.

Hal ini karena, jelasnya, para penumpang kereta api akan diukur suhu tubuhnya secara berkala selama perjalanan kereta, hingga penumpang tiba di stasiun akhir.

Baca juga: Mulai Hari Ini, Masyarakat Bisa Kembali Naik KA Jarak Jauh dari Stasiun Jakarta Kota

"Pengecekannya minimal tiga jam sekali," terangnya saat dikonfirmasi Kompas.com, Rabu (2/9/2020).

Tetap pastikan upaya pencegahan Covid-19 di stasiun maupun dalam kereta

Selain itu, upaya pencegahan Covid-19 yang dilakukan PT KAI juga terlihat di stasiun maupun di dalam kereta.

Untuk pencegahan di area stasiun, seluruh area dan perangkat yang rentan disentuh banyak orang dibersihkan menggunakan cairan disinfektan secara rutin setiap 30 menit sekali.

"Kesiapan penyediaan perangkat pembersih tangan seperti cairan antiseptik dan perangkat cuci tangan yang dilengkapi sabun dipastikan selalu tersedia dan berfungsi baik," ujarnya.

Untuk di kereta sendiri, semua penumpang juga diwajibkan menggunakan face shield yang telah disediakan petugas sebelum masuk ke dalam kereta.

Baca juga: 41 KA Beroperasi dari Daop 1 Jakarta Per September 2020, Ini Jadwalnya

Selain itu, ada juga ketentuan jaga jarak fisik selama di stasiun dan di dalam rangkaian KA. Para penumpang juga diimbau menggunakan pakaian lengan panjang atau jaket.

Sebelumnya, PT KAI Daop 1 Jakarta telah mengeluarkan informasi jadwal keberangkatan 41 KAJJ per September 2020.

Adapun untuk keberangkatan dari Jakarta terbagi menjadi tiga stasiun yaitu Stasiun Jakarta Kota, Stasiun Gambir, dan Stasiun Pasar Senen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com