Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Borobudur Marathon 2020 Digelar dalam Bentuk Hybrid

Kompas.com - 09/09/2020, 15:05 WIB
Riska Farasonalia,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Dengan mengusung tema Rhythm of Soul atau ritme jiwa, Borobudur Marathon tetap digelar meski dalam situasi pandemi.

Borobudur Marathon 2020 ini berbeda dari tahun sebelumnya, karena dikemas dalam bentuk event hybrid yang merupakan sebuah kombinasi dari elite run dan virtual run.

Ajang para pecinta lari nasional hingga internasional ini akan dihelat pada Minggu, 15 November 2020 di Taman Lumbini, Kompleks Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Baca juga: 7 Tips Berkunjung ke Nepal van Java di Dusun Butuh, Magelang

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, keputusan untuk tetap melaksanakan Borobudur Marathon pada tahun ini tidaklah mudah.

Meski sempat ragu untuk melaksanakan, tetapi dengan pertimbangan matang, akhirnya konsep hybrid yang diambil dalam ajang tahun ini.

"Event ini tidak akan hilang, meskipun dengan cara baru. Sekaligus, ini intuk edukasi, bagaimana kita beradaptasi dengan kebiasaan baru di tengah pandemi," kata Ganjar saat konferensi pers di Puri Gedeh, Selasa (8/9/2020).

Baca juga: Nepal van Java Dusun Butuh Magelang yang Unik Berlatar Gunung Sumbing

Menurutnya, sudah banyak atlet lari nasional yang kehilangan kesempatan untuk mengasah kemampuan dalam ajang lomba lari.

Sebab, karena pandemi, sejumlah event lari baik nasional maupun internasional dibatalkan.

"Makanya, ketika kita bisa membuat lomba yang lebih bisa diterima, aman dari sisi kesehatan, harapan kita bisa memberikan ruang pada para pelari menggunakan trek dengan aman untuk tetap berprestasi," lanjutnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com