Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Buka Jalur Sepeda Baru Sepanjang Lebih dari 804 Kilometer

Kompas.com - 12/09/2020, 09:23 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Salah satu kegiatan yang tengah marak dilakukan oleh masyarakat selama pandemi Covid-19 adalah petualangan luar ruangan atau memulai hobi seperti bersepeda.

Melansir Lonely Planet, US Bicycle Route System (USBRS) memperluas jangkauannya ke 29 negara bagian.

Hal ini membuat adanya lebih dari 804 kilometer (km) rute baru ditambahkan di California dan Wisconsin.

USBRS adalah jaringan antarnegara bagian nasional yang menghubungkan perkotaan dan perdesaan pada jalur sepeda yang ditentukan.

Baca juga: Rute Sepeda di Yogyakarta, Jelajah Kampung hingga Belajar Batik

Maraknya penggunaan sepeda selama pandemi membuat perkotaan mempertimbangkan jalan-jalan mereka.

Di California dan Wisconsin, misalnya. Para pejabat dan komunitas bersepeda lokal telah bekerja sama dengan USBRS guna memanfaatkan beberapa jalur off-road.

Jalur-jalur tersebut dimanfaatkan untuk menghubungkan Milwaukee ke Sungai Mississippi di Bluff Siding dan menghubungkan Danau Tahoe dengan jalur sepeda yang ada di Nevada.

Baca juga: Unik! Garasi Sepeda di Belanda Terlihat Seperti Bandara Kekinian

Jalur sepeda yang saling menyambung tersebut menciptakan rute ke San Francisco Bay Area. Penetapan rute baru akan memberi pesepeda lebih dari 804 km jalur aman yang telah diberi tanda. Jalur tersebut juga memperluas jangkauan USBRS ke 29 negara bagian.

Jalur sepeda di California

Di California, jalur USBRS sepanjang 374 km dimulai di selatan Danau Tahoe di perbatasan Nevada.

Ilustrasi pengendara sepeda - Seorang pengendara sepeda melintasi jalur dekat sebuah pantai di California, AS.SHUTTERSTOCK / SIMONE HOGAN Ilustrasi pengendara sepeda - Seorang pengendara sepeda melintasi jalur dekat sebuah pantai di California, AS.

Para pesepeda akan mendaki melewati gunung mengikuti Mormon Emigrant Trail sebelum melintasi Sierra Nevada di El Dorado Trail.

Selanjutnya, para pesepeda akan melintasi jalur bebas mobil dengan panjang lebih dari 48 km dari Folsom ke Sacramento sebelum melanjutkan perjalanan ke Lagoon Valley Park dan San Francisco Bay.

Jalur sepeda California yang baru tidak hanya menyediakan jalur rekreasi yang indah bagi pesepeda, tetapi juga menghubungkan dua komunitas terbesar di El Dorado dan Sacramento.

Baca juga: Benarkah Sepeda Bisa Dibawa Naik Pesawat Udara?

“Dalam jangka panjang, saya berharap kami bisa meningkatkan USBRS untuk tidak hanya melayani wisatawan, juga penduduk lokal yang bersepeda untuk rekreasi, bekerja, atau menjalankan tugas,” kata anggota pengurus Friends of El Dorado Trail yang membantu menentukan rute baru, Mike Bean, mengutip Lonely Planet.

Rute yang dibangun selama bertahun-tahun

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com