Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

11 Tempat Wisata di Karangasem Bali yang Sudah Bisa Dikunjungi

Kompas.com - 12/09/2020, 21:05 WIB
Nabilla Ramadhian,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Bali memiliki beberapa tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi. Hal ini karena hampir seluruh kabupaten/kotanya memiliki keunikannya tersendiri.

Salah satu destinasi wisata di Bali yang bisa dikunjungi selagi berlibur di sana adalah Kabupaten Karangasem.

Mengutip Tribun Bali, Jumat (11/9/2020), Kepala Dinas Kebudayaan Karangasem, I Putu Arnawa, mengatakan sudah ada 11 tempat wisata di Karangasem yang mendapatkan sertifikasi penerapan protokol kesehatan sampai 27 Agustus 2020.

Baca juga: Bukit Asah Karangasem, Lihat Indahnya Laut Bali dari Ketinggian

Tempat wisata yang telah lolos sertifikasi diizinkan untuk beroperasi kembali. Selain dilihat penerapan protokol kesehatan, tempat wisata juga sudah memiliki peralatan dan fasilitas penunjang.

"DTW yang sudah dapat sertifikasi (penerapan protokol kesehataan), yakni Tirtagangga, Puri Agung, Taman Soekasada, Taman Harmoni Bukit Asah, Samsara Living Moseum, Maseum Lontar, Lempuyang, Tenganan, Saptanga Timrah, Taman Edelweis, dan Besakih," kata Putu Arnawa, Kamis (10/9/2020), seperti dikutip dari Tribun Bali.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut daftar 11 tempat wisata di Karangasem yang bisa dikunjungi yang telah Kompas.com rangkum, Sabtu (12/9/2020).

1. Taman Tirta Gangga

Tempat wisata ini terletak di Desa Ababi, Kecamatan Abang. Tempat wisata yang berdiri di atas lahan seluas 1,2 hektar tersebut menawarkan pemandangan yang indah.

Hal ini karena Taman Tirta Gangga memiliki banyak patung yang tersebar hampir di setiap sudut tempat wisata. Selain itu, di sana terdapat sebuah kolam dengan pijakan kaki yang bisa disusuri wisatawan.

Obyek Wisata Tirta Gangga di Karangasem, Bali.KOMPAS.COM/NI LUH MADE PERTIWI F Obyek Wisata Tirta Gangga di Karangasem, Bali.

Di kolam tersebut terdapat sebuah air mancur yang bisa dikunjungi untuk berfoto-foto. Ada juga ikan-ikan yang berenang di sana.

Taman Tirta Gangga juga memiliki sebuah menara bernama Menara Air Nawa Sanga yang berukuran besar yang bisa dikatakan sebagai ikon tempat wisata tersebut.

2. Puri Agung Karangasem

Puri Agung Karangasem sudah ada sejak abad ke-19 karena dibangung oleh Raja Karangasem I, Anak Agung Gede Jelantik.

Satu hal yang menarik dari tempat wisata tersebut adalah gaya arsitekturnya yang mengkombinasikan gaya bangunan khas Bali, China, dan Eropa.

Baca juga: Tirta Gangga, Meniti Batu-batu di Atas Kolam

Sembari mengelilingi bangunan tua yang masih berdiri megah hingga kini, kamu juga bisa mempelajari sejarah puri tersebut yang pernah dijadikan sebagai istana pada saat itu.

Tempat wisata Puri Agung Karangasem di Bali.http://v2.karangasemkab.go.id/ Tempat wisata Puri Agung Karangasem di Bali.

Puri Agung Karangasem dibagi menjadi tiga area. Setiap area memiliki fungsi masing-masing. Salah satunya adalah area pertama yang disebut “bencingah”.

Dahulu, area pertama yang terletak di bagian depan dijadikan sebagai tempat untuk mengadakan pertunjukan kesenian tradisional.

Jika ingin berkunjung, Puri Agung Karangasem terletak di Jalan Sultan Agung, Kecamatan Karangasem.

3. Taman Soekasada Ujung

Pada 1963, Taman Soekasada Ujung terkena imbas letusan Gunung Agung dan sempat terbengkalai hingga 2003.

Kini, tempat wisata yang sudah ada sejak 1909 merupakan taman rekreasi yang kerap dikunjungi oleh wisatawan lokal hingga mancanegara.

Taman Ujung di Karangasem, Bali.KOMPAS.COM/NI LUH MADE PERTIWI F Taman Ujung di Karangasem, Bali.

Saat berkunjung ke sana, kamu bisa foto-foto di taman air yang terletak dekat dengan sebuah bangunan besar bergaya Eropa-Bali.

Selain itu, pengunjung juga bisa bermain rekreasi air, melihat sejarah Kerajaan Karangasem, atau sekadar bersantai di pendopo. Kamu juga bisa foto-foto di beberapa bangunan unik di sana.

Taman Soekasada Ujung terletak di Desa Tumbu, Kecamatan Karangasem.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com