Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seni Tari Khas NTT Jadi Daya Tarik Wisata Labuan Bajo

Kompas.com - 12/09/2020, 22:10 WIB
Markus Makur,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Badan Otorita Pariwisata Labuan Bajo Flores (BOPLBF) menggelar pelatihan pembuatan seragam tari dan properti sanggar seni di Sanggar Seni I Production Cowang Dereng, Kabupaten Manggarai Barat, Kamis, (10/9/2020).

Dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Jumat, (11/9/2020), pelatihan ini dalam rangka meningkatkan kualitas keterampilan dan kreativitas para pelaku kreatif.

Kegiatan yang berlangsung sejak 3-10 September 2020 tersebut menghasilkan beberapa produk seni kreatif lokal seperti seragam tari Mbero dan Balibelo.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Labuan Bajo, Bisa ke Mana Saja?

Direktur Utama BOPLBF Shana Fatina dalam keterangannya di Labuan Bajo, menjelaskan kehadiran sanggar seni dapat jadi daya tarik wisata.

“Sanggar itu punya kemasan narasi yang unik dan menarik. Daya pikatnya ada pada dinamika musik, gerak dan tari. Nah, ini yang kemudian menjadi salah satu kekuatan budaya lokal di masing-masing daerah," kata Shana.

"Nafasnya harus dijaga dan perlu terus dikembangkan dengan ide-ide yang selalu baru,” lanjutnya.

Baca juga: 5 Tips Liburan Mewah ke Labuan Bajo, Ini Kisaran Harganya

Shana menjelaskan, melalui pelatihan yang diselenggarakan BOPLBF ini, sanggar-sanggar tari diharapkan dapat makin memperluas gagasannya dengan kreativitas.

“Ini salah satu cara menjaga dan merawat kebudayaan kita. Teman-teman sanggar kita latih membuat kreasi seragam dan bali belo serta properti lainnya," kata Shana.

"Semua unsur budaya dari segi warna, motif, maupun simbol budaya ada disitu. Kita perkuat teman-teman pegiat seni tari, biar mereka makin semangat berkarya dan berinovasi melalui seni tari,” ujar Shana dalam keterangan 

Baca juga: Panduan Cara Daftar Online ke Labuan Bajo dan TN Komodo

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com