Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kasus Covid-19 Meningkat, Bali Batasi Kunjungan Tempat Wisata

Kompas.com - 18/09/2020, 14:15 WIB
Nabilla Ramadhian,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Pemerintah Provinsi Bali semakin membatasi kunjungan ke tempat wisata karena meningkatnya kasus positif Covid-19 di sana.

Pembatasan tersebut tertera dalam Surat Edaran (SE) Gubernur Bali Nomor 487/GugasCovid19/IX/2020 tentang Penguatan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Bali.

“Pembatasan pengunjung (menjadi) 25 persen,” kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali Putu Astawa kepada Kompas.com, Jumat (18/9/2020).

Dengan demikian, kuota pengunjung di tiap-tiap tempat wisata Bali kini menjadi 25 persen dari kapasitas maksimal. 

Baca juga: Sempat Buka, Desa Penglipuran Bali Tutup Lagi untuk Wisata

Sebelumnya, tempat wisata di Bali hanya dibatasi kapasitas pengunjungnya 50 persen dari kapasitas normal.

Dalam SE tersebut disebutkan, seluruh pihak terkait termasuk Bupati dan Walikota membatasi aktivitas keramaian pada obyek dan daya tarik wisata, pusat perbelanjaan, pasar, dan tempat atau fasilitas umum.

Terkait pembatasan aktivitas keramaian melalui perubahan jam operasional, Putu mengatakan bahwa hal tersebut tergantung pada masing-masing kabupaten atau kota.

Baca juga: 7 Tempat Wisata di Gianyar Bali, Bisa Foto dengan Akar Raksasa

Saat ini, sejumlah tempat wisata di Bali sudah dibuka kembali dengan menerapkan protokol kesehatan yang telah disertifikasi standarnya.

Beberapa di antaranya adalah Taman Tirta Gangga, Puri Agung Karangasem, Taman Soekasada Ujung, Taman Harmoni Bukit Asah, Samsara Living Museum, Museum Lontar, dan Pura Lempuyang.

Selanjutnya ada Desa Adat Tenganan, Sapta Gangga Timbrah, Taman Edelweis Besakih, Pura Agung Besakih, Pantai Kuta, Pantai Pandawa, WaterBlow BTC Nusa Dua, dan Pura Taman Ayun.

Ada juga Garuda Wisnu Kencana, True Bali Experience, Pod Chocolate Factory, Uluwatu, Beachwalk Mall, Quad Adventure Pertiwi, Alas Pala Sangeh, dan Alam Tirta Outbond.

Baca juga: 5 Tempat Wisata Keren di Kintamani Bali, Apa Saja?

Sambut wisman kembali ke Bali

Pariwisata Bali sudah dibuka kembali untuk wisatawan nusantara (wisnus) sejak 31 Juli. Kedatangan wisnus pun mengalami peningkatan.

Jika dibandingkan, kedatangan pada periode 31 Juli – 12 Agustus melalui Bandara I Gusti Ngurah Rai mencapai 28.590.

Sementara pada 1 – 12 September, berdasarkan data terbaru yang Kompas.com dapatkan, totalnya mencapai 39.833 wisnus.

Berdasarkan Infocorona.baliprov.go.id, per 18 September 2020, jumlah kasus positif Covid-19 di Bali mencapai 7.543 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com