Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Itinerary 2 Hari 1 Malam di Jembrana Bali, Lihat Kerangka Manusia Purba

Kompas.com - 26/09/2020, 07:10 WIB
Nabilla Ramadhian,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Terletak di ujung barat pulau Bali, Kabupaten Jembrana memiliki berbagai macam pilihan tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi dalam dua hari.

Jika berencana untuk berlibur ke Bali dalam waktu dekat dan tertarik untuk menjelajahi Jembrana, simak rancangan perjalanan dua hari satu malam di Jembrana yang sudah Kompas.com rangkum, Selasa (22/9/2020).

Baca juga: Bali, Destinasi Paling Siap Kembangkan Desa Wisata

Hari pertama

  • Berburu matahari terbit di Karang Sewu

Pantai Karang Sewu di Gilimanuk, Kabupaten Jembrana, Bali.SHUTTERSTOCK / Valent Rumtily Pantai Karang Sewu di Gilimanuk, Kabupaten Jembrana, Bali.

Pantai Karang Sewu terkenal sebagai tempat wisata yang menyuguhkan pemandangan matahari terbit paling indah di Gilimanuk, Kecamatan Melaya.

Tidak heran jika setiap pagi pantai tersebut kerap dikunjungi wisatawan yang berburu matahari terbit. Selain matahari, pemandangan alamnya juga tidak kalah indahnya.

Baca juga: Ayam Betutu Khas Gilimanuk, Pedasnya Bikin Nangis

Kamu bisa menikmati pemandangan di Pantai Karang Sewu sambil lesehan di bentangan rumput hijau yang luas, atau di jembatan kayu yang menjorok ke laut.

  • Sarapan di Ayam Betutu Men Tempeh

Ilustrasi ayam betutu khas Bali, dihidangkan dengan sambal matah, jukut antungan, dan lawar nangka. SHUTTERSTOCK/ARIYANI TEDJO Ilustrasi ayam betutu khas Bali, dihidangkan dengan sambal matah, jukut antungan, dan lawar nangka.

Sebelum memulai kembali perjalanan, kamu bisa sarapan terlebih dahulu di Ayam Betutu Men Tempeh.

Lokasinya di Terminal Lama, Gilimanuk, Kecamatan Melaya. Lokasinya hanya 1,3 km dari Pantai Karang Sewu menggunakan mobil.

Di sana, kamu bisa pilih beberapa hidangan yang telah disediakan seperti Paket Betutu ½ ekor seharga Rp 55.000. Ada juga hidangan tradisional lain yang tidak kalah lezatnya.

Baca juga: 17 Oleh-oleh Kekinian Khas Bali, Apa Saja?

Taman Siwa di Gilimanuk, Kabupaten Jembrana, Bali.https://wonderful.jembranakab.go.id/ Taman Siwa di Gilimanuk, Kabupaten Jembrana, Bali.

Usai menyantap sarapan, kamu bisa lanjutkan perjalanan ke Teluk Gilimanuk yang lokasinya berada tepat di depan Pelabuhan Gilimanuk, atau sekitar 600 m menggunakan mobil.

Teluk Gilimanuk memiliki pesona alam yang indah. Sembari menikmati pemandangan laut lepas, kamu bisa duduk santi di gazebo pinggir pantai dan menghirup udara segar di pagi hari.

Di sana, kamu juga bisa foto-foto dengan patung Siwa setinggi 22 m yang dikelilingi oleh taman yang indah. Ada juga dermaga kayu di Teluk Gilimanuk yang bisa dimanfaatkan untuk berfoto-foto.

Baca juga: Itinerary 3 Hari 2 Malam di Buleleng Bali, Bisa ke TN Bali Barat

  • Lihat kerangka manusia di Museum Manusia Purba Gilimanuk

Kerangka manusia purba yang bisa dilihat di Museum Manusia Purba Gilimanuk di Kabupaten Jembrana, Bali.https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/ Kerangka manusia purba yang bisa dilihat di Museum Manusia Purba Gilimanuk di Kabupaten Jembrana, Bali.

Setelah berfoto-foto dan bermain di pinggir pantai, kamu bisa berkunjung ke Museum Manusia Purba Gilimanuk yang berjarak hanya 500 m menggunakan mobil dari Teluk Gilimanuk.

Museum tersebut menyimpan kerangka manusia purba Gilimanuk. Ada juga brang-barang bersejarah lain seperti peralatan sehari-hari, alat untuk berburu, dan alat untuk bercocok tanam.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com