Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gratis Tiket Masuk, Ini Rute Menuju Desa Wisata Pentingsari

Kompas.com - 26/09/2020, 10:10 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Desa Wisata Pentingsari sudah terkenal di kalangan peminat wisata alam, khususnya alam perdesaan. Terletak sekitar 11 kilometer (km) dari puncak Gunung Merapi, desa wisata ini makin menarik bagi wisatawan.

Desa Wisata Pentingsari sukses meraih penghargaan Indonesia Suistainable Tourism Awards (ISTA) 2017 dan 100 Top destinasi pariwisata berkelanjutan di dunia versi Global Green Destinations Days (GGDD) 2019. Di sana keramahan warga begitu terasa.

Tak heran, banyak wisatawan, baik nusantara maupun mancanegara sudah datang berkunjung. Menurut Marketing dan PIC Kegiatan Desa Wisata Pentingsari Bayu Hindra Wijaya, jenis paket wisata yang banyak dipilih wisatawan ke desanya adalah paket Live In.

Baca juga: Liburan ke Desa Wisata Pentingsari, Ini 8 Aktivitas Menariknya

"Wisatawan yang berkunjung atau berkegiatan, ada fasilitas yang kami berikan, seperti joglo atau pendapa, pemandu kegiatan, sound system, kursi atau tikar, free area parkir, dan ada toilet umum," kata dia saat dihubungi Kompas.com, Jumat (25/9/2020).

Cara menuju Desa Wisata Pentingsari

Desa Wisata Pentingsari lokasi persisnya berada di Umbulharjo, Cangkringan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Menurut Bayu, semua wisatawan dapat mengakses jalan dengan aman dan nyaman untuk dapat sampai Desa Wisata Pentingsari.

Tari Tradisional Jawa atau Punokawan yang dipentaskan warga Desa Wisata Pentingsari, Yogyakarta.Dokumentasi Desa Wisata Pentingsari Tari Tradisional Jawa atau Punokawan yang dipentaskan warga Desa Wisata Pentingsari, Yogyakarta.

"Bisa menggunakan bus besar atau mobil pribadi. Kami juga mempunyai area parkir yang bisa menampung 16 bus besar," ujar dia.

Jika kamu dari pusat Kota Yogyakarta, sambung Bayu, dapat mengakses perjalanan darat ke arah utara sekitar 1 jam.

Jarak dari pusat Kota Yogyakarta menuju Desa Wisata Pentingsari yaitu sekitar 22 kilometer. Pertama, kamu bisa melintasi Jalan Kaliurang.

Baca juga: Desa Wisata Pentingsari, Desa Wisata Indonesia yang Mendunia

Kemudian, sampai di perempatan Pakem, ambil jalan ke kanan atau timur menuju Rumah Makan Morolejar.

Sepanjang perjalanan, kamu akan menemukan jalan menanjak dan terus naik sejauh sekitar 2 km.

Tepat sebelah kiri jalan akan ada plang bertuliskan Desa Wisata Pentingsari. Lokasi Desa Wisata ini juga dekat dengan Kantor Desa Wisata Pentingsari.

Tidak ada tiket masuk

Apabila kamu ingin berkunjung ke Desa Wisata Pentingsari dan hanya menikmati suasana alamnya saja, tidak akan dikenakan biaya.

Kamu akan mengeluarkan biaya apabila mengikuti kegiatan atau mengambil aktivitas wisata di Desa Wisata Pentingsari.

Pengunjung anak-anak berlatih membajak sawah di Desa Wisata Pentingsari.Dokumentasi Desa Wisata Pentingsari Pengunjung anak-anak berlatih membajak sawah di Desa Wisata Pentingsari.

"Untuk berkunjung atau hanya sekadar menikmati suasana alam tanpa berkegiatan di tempat kami, pengunjung bisa saja langsung ke tempat kami. Bila dikenakan biaya hanya bagi pengunjung yang mengambil aktivitas kegiatan," pungkas Bayu.

Tunggu apalagi, kamu bisa bergegas menuju Desa Wisata Pentingsari dan menikmati beragam aktivitas wisata desa yang ada di sana.

Namun, jangan lupa untuk tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 mulai dari selalu mengenakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com