Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tempat Wisata di Kediri yang Unik dan Instagramable

Kompas.com - 26/09/2020, 11:12 WIB
Khenzie Godeleova,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah Surabaya dan Malang, ada kota besar lain di Jawa Timur, salah satunya Kediri. Kota ini menyimpan banyak tempat wisata yang menarik.

Untuk sampai ke Kediri dari Jakarta, wisatawan bisa naik kendaraan pribadi dengan waktu tempuh sekitar delapan jam atau naik kereta api dari Stasiun Senen ke Stasiun Kediri dengan waktu tempuh sekitar 13,5 jam.

Ke depannya, wisatawan bisa mengunjungi Kediri melalui udara dengan pesawat. Pemerintah sedang membangun bandara internasional Kediri bekerja sama dengan PT Gudang Garam.

Baca juga: Di Kediri, Ada Bakso Dijual Rp 2.000 Semangkuk...

Bagi wisatawan, banyak tempat-tempat yang bisa dikunjungi di Kediri. Ada juga tempat wisata alam yang tidak kalah menarik.

Kompas.com telah merangkum enam tempat wisata yang Instagramable di Kediri dan cocok dijadikan tujuan liburan:

1. Hutan Joyoboyo

Terletak di tengah kota, hutan yang berada di jalan Banjaran, Kota Kediri ini cocok bagi mereka yang ingin menikmati rindangnya pepohonan besar sambil duduk santai di bangku taman yang tersedia.

Tempat parkir yang luas, dan sejuk membuat wisatawan nyaman dalam memarkirkan kendaraannya. Tak perlu khawatir, di sini juga ada pengawas keamanan bagi kendaraan.

Hutan Joyoboyo yang ada di Kota Kediri, Jawa Timur.Kompas.com/M.Agus Fauzul Hakim Hutan Joyoboyo yang ada di Kota Kediri, Jawa Timur.

Selain bersantai, pengunjung juga bisa lari atau berolahraga di Hutan Joyoboyo ini. Tersedia jalur semen agar kaki mudah melangkah.

Tersedia pula fasilitas umum, seperti toilet dan mushala. Pengunjung juga bisa berfoto di logo utama atau di lorong yang di sisi pinggirnya terdapat hiasan bercorak batik.

Baca juga: Kediri, Negeri Seribu Cagar Budaya

Selain itu, terdapat sky bridge yang mengitari hutan agar pengunjung bisa menikmati hutan dari atas.

Apabila pengunjung membawa anak-anak, Hutan Joyoboyo memiliki area bermain anak yang luas.

2. Desa Wisata Jajan Pasar Sor Pring

Tempat wisata unik ini juga biasa disebut Wisata Jajan Pasar Ndeso Sor Pring. Lokasinya ada di desa Ngadi, Mojo, Kabupaten Kediri.

Saat masuk, pengunjung akan langsung merasakan suasana pasar tradisional di tengah hutan yang ramai, beralas langsung dengan tanah, serta dikelilingi pepohonan tinggi dan rindang.

Desa wisata jajan pasar sorpring di Kediridok. Pemerintah Kabupaten Kediri Desa wisata jajan pasar sorpring di Kediri

Setiap penjual mendapatkan tenda dari bambu. Mereka mengenakan busana tradisional khas adat Jawa. Hal ini membuat nuansa desa sangat kental.

Baca juga: Menikmati Monumen Kediri Rasa Perancis

Pengunjung bisa menikmati jajanan pasar tradisional, mulai dari dawet, jamu, papeda, jajan kerupuk, sego pecel, es jeruk, hingga kopi. Semuanya bisa dinikmati sambil duduk di bangku bambu atau pondok gazebo bersama keluarga atau kerabat.

Buka pukul 08.00-14.00 setiap Hari Minggu, pengunjung bisa jajan sambil diiringi lagu-lagu daerah. Untuk bernostalgia, pengunjung juga bisa bermain enggrang sambil mengenalkan permainan tradisional kepada anak-anak.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com