Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menuju Basecamp Igirmranak, Jalur Pendakian Alternatif Gunung Prau

Kompas.com - 26/09/2020, 16:04 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada enam jalur pendakian resmi Gunung Prau, yaitu basecamp Patakbanteng, Kalilembu, Igirmranak, Dieng, Dwarawati, dan Wates.

Biasanya, jalur pendakian yang ramai dilalui pendaki adalah via Patakbanteng dan Wates. Namun, ada satu alternatif jalur yang belum terlalu ramai, yaitu Igirmranak.

Meski masih sepi, bukan berarti jalur ini tak memiliki pemandangan yang memesona. Justru, jalur ini direkomendasikan bagi kamu yang ingin menikmati ketenangan sekaligus pemandangan yang tersedia sepanjang perjalanan.

Menurut Ketua Basecamp Igirmranak Irfan, jalur ini memiliki ragam keunggulan, mulai dari pemandangan alam berupa Gunung Sindoro dan Sumbing di sepanjang jalur, serta jarak tempuh yang terjangkau, dan aman bagi pemula.

Baca juga: 7 Keunggulan Pendakian Gunung Prau via Igirmranak, Puas Nikmati Keindahan Alam

"Ada mata air sampai Pos 2, sunrise sepanjang jalur, jarak tempuh terjangkau, view Gunung Sindoro sepanjang jalur. Ada ojek juga sampai Pos 1. Desa ini sendiri juga sudah di atas awan. Terjangkau semua umur," kata dia saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (26/9/2020).

Pemandangan Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing dari Gunung Prau via Igirmranak, Wonosobo, Jawa Tengah.Dokumentasi Adi Permana Pemandangan Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing dari Gunung Prau via Igirmranak, Wonosobo, Jawa Tengah.

Tak berlama-lama, bagi kamu yang ingin merasakan pengalaman mendaki Gunung Prau via Igirmranak, simak panduan cara menuju basecamp berikut ini

Naik bus dari Jakarta-Wonosobo

Irfan menerangkan, cara paling mudah untuk sampai ke basecamp Igirmranak adalah dengan naik bus, jika pendaki berasal dari Jakarta dan sekitarnya.

"Dari Jakarta turun terminal Mendolo Wonosobo," ujarnya.

Perjalanan darat menggunakan bus dari Jakarta ke Wonosobo memakan waktu kurang lebih 12-13 jam, tergantung kemacetan.

Baca juga: Berapa Estimasi Biaya ke Gunung Prau dari Jakarta?

Untuk harga tiket bus termurahnya yaitu mulai dari Rp 140.000 dan paling mahal Rp 250.000. Kamu bisa memilih beberapa operator bus, seperti Pahala Kencana, Agung Trans, dan Banyu Biru.

Kamu bisa mendatangi dua Terminal yang melayani perjalanan bus ini di antaranya Terminal Pulo Gebang atau Terminal Tanjung Priok.

Untuk tujuan akhir yaitu Wonosobo, kamu akan turun di Terminal Mendolo atau Terminal Sawangan. Karena tujuanmu adalah basecamp Igirmranak, tentunya pilih bus yang berhenti di Terminal Mendolo.

Lanjut shuttle bus Tayo jurusan Dieng

Sampai di Terminal Mendolo Wonosobo, ujar Irfan, para calon pendaki bisa melanjutkan perjalanan ke arah Pasar Kejajar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com