Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Virtual Tour ke 5 Tempat Populer di Seoul Korea, di Mana Saja?

Kompas.com - 02/10/2020, 15:18 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Korea Selatan merayakan Hari Kebangsaan Nasional 2020 secara virtual karena pandemi Covid-19 yang masih belum berakhir.

Tema besar yang diangkat pada tahun ini adalah "Berjuang Bersama". Tema tersebut dimaksudkan seiring dengan harapan Korea Selatan dan Indonesia akan dapat bersama mengatasi pandemi Covid-19.

Rangkaian acara virtual ini bisa disaksikan langsung melalui akun Instagram Kedutaan Besar Republik Korea @koremb.idn selama tiga hari berturut-turut yakni Jumat (2/10/2020) sampai Minggu (4/10/2020).

Baca juga: Ini Waktu yang Tepat untuk Wisata Belanja di Korea Selatan, Semuanya Diskon

Salah satu rangkaian acara pada hari pertamanya yaitu Virtual Tour Anti Depresi Covid-19 ke Seoul atau Beat the Covid-19 Blues: #1 Virtual Tour to Seoul.

Sekitar pukul 10.00 WIB, Jumat (2/10/2020), akun Instagram tersebut membagikan video berdurasi 1 menit 36 detik. Video ini dapat pula disaksikan melalui IGTV akun Instagram Kedutaan Besar Republik Korea.

Para penonton video tersebut akan melihat sekelompok penari melenggak-lenggok dengan nuansa ceria, berpadu pakaian khas Korea.

Menariknya, mereka menari di luar ruangan dan secara tidak langsung menunjukkan beberapa tempat wisata atau yang populer di Seoul, Korea Selatan.

Penari laki-laki berbaju merah tampak pada awal video tampak sebagai pemimpin kelompok tari sekaligus seolah-olah menjadi pemandu utama virtual tour.

Ada lima tempat yang terlihat dikunjungi sekaligus menjadi arena tari dari para penari tersebut. Mulai dari Cheong Wa Dae atau Rumah Biru, Leeum Samsung Museum of Art, Deoksugung Palace, Jahamun Tunnel, dan Dongdaemun Design Plaza (DDP).

Lalu ada apa saja di lima tempat tersebut sehingga dijadikan sebagai latar tempat para penari kocak di Virtual Tour kali ini?

Ilustrasi Cheong Wa Dae, Korea Selatan.shutterstock/Efired Ilustrasi Cheong Wa Dae, Korea Selatan.

Cheong Wa Dae

Tempat tinggal orang nomor satu di Korea Selatan adalah Cheong Wa Dae. Lebih dikenal dengan sebutan Blue House atau rumah biru dalam bahasa Indonesia.

Baca juga: Walau Tempat Wisata Mulai Buka, Korea Belum Terima Turis Asing

Tempat ini merupakan Istana Kepresidenan Korea Selatan dengan genting biru khasnya yang akhirnya menjadi ikonik bagi wisatawan yang berkunjung.

Namun, Blue House tidak hanya sebuah bangunan melainkan kompleks dari beberapa bangunan berarsitektur tradisional Korea.

Meski tradisional, bukan berarti semua elemen di sini klasik. Ada beberapa elemen yang terlihat modern.

Lokasinya berada di distrik Jongno, Seoul, Korea Selatan. Setiap wisatawan yang datang pasti pandangan matanya langsung mengarah ke genting biru khas yang menjadi ikon Cheong Wa Dae.

Namun sebenarnya tak hanya itu yang menarik untuk dilihat, ada ubin biru dan atap halus yang berpadu dengan Gunung Bugaksan di belakangnya. Cocok untuk fotografi.

Meski boleh dikunjungi, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan misalnya tidak boleh mengambil gambar, hanya ruangan tertentu saja yang diizinkan. Jika melanggar, maka bisa saja kamu akan ditegur petugas dan akan mengambil kameramu.

Tak usah khawatir, kamu masih boleh foto di depan istana yang merupakan latar foto ikonik itu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com