Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PSBB Transisi, Tempat Wisata Jakarta Buka dengan Kapasitas 25 Persen Pengunjung

Kompas.com - 12/10/2020, 12:10 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memutuskan kembali memberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi mulai 12 hingga 25 Oktober 2020.

"Besok kita kembali kepada status PSBB transisi, kegiatan bisa dilaksanakan dengan pembatasan-pembatasan," kata Anies di Jakarta, seperti ditayangkan di channel Youtube Kompas TV, Minggu (11/10/2020).

Pada masa PSBB transisi ini, tempat wisata di Jakarta diizinkan untuk buka kembali dengan beberapa peraturan yang baru.

Anies mengatakan dalam keterangan tertulisnya, khusus industri pariwisata dapat dibuka kembali dengan pengetatan protokol kesehatan tambahan yaitu maksimal 25 persen kapasitas pengunjung.

Selain itu, pembelian tiket wajib dilakukan secara daring, dan adanya pembatasan usia pengunjung yaitu usia di bawah 9 tahun dan di atas 60 tahun dilarang masuk.

Pembatasan pengunjung juga dilakukan untuk wahana dan transportasi keliling di tempat wisata.

Baca juga: Taman Rekreasi Buka Saat PSBB Transisi, Pembelian Tiket Wajib lewat Daring

Jam operasional pun juga akan dibatasi yaitu hanya buka pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

Ancol, TMII, Ragunan sudah buka

Mulai Senin (12/10/2020), beberapa tempat wisata di Jakarta seperti Ancol, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), dan Taman Margasatwa Ragunan sudah dibuka kembali.

Dalam keterangan tertulisnya, pihak Ancol juga mengatakan akan mengikuti kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yaitu menerapkan kapasitas pengunjung 25 persen.

"Taman Impian Jawa Ancol menjawab kerinduan masyarakat luas yang ingin berwisata ke Ancol, maka dengan dibukanya kembali kawasan wisata Ancol, Manajemen tetap berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang prima serta menghadirkan kawasan rekreasi yang bersih, sehat, namun juga menyenangkan," kata Direktur Utama PT Taman Impian Jaya Ancol, Teuku Sahir Syahali dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (12/10/2020).

Selain Ancol, Taman Mini juga melakukan pembatasan kapasitas 25 persen untuk pengunjung, dan membatasi usia pengunjung.

Demikian juga dengan Taman Margasatwa Ragunan sudah mulai buka kembali hari ini, Senin (12/10/2020).

Dalam akun Instagramnya @ragunanzoo, pihak Ragunan sudah mengizinkan masyarakat bisa datang berkunjung dengan protokol kesehatan.

"Kita kasih kabar bahagia untuk kalian semua, tanggal 12 Oktober 2020 kita akan buka kembali dengan syarat dan ketentuan yang berlaku pada masa transisi ini," tulis akun @ragunanzoo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com