Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jakarta PSBB Transisi, Wisata Kepulauan Seribu Buka Lagi dengan Protokol Kesehatan

Kompas.com - 12/10/2020, 17:01 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kepulauan Seribu kembali menerima kunjungan wisatawan mulai Senin (12/10/2020) menyusul dicabutnya pembatasan sosial berskala besar (PSBB) ketat di Jakarta.

Kepala Suku Dinas (Kasudin) Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kepulauan Seribu Puji Astuti menyampaikan langsung perihal pembukaan pariwisata daerahnya.

"Iya mas, wisata Kepulauan Seribu dibuka dengan protokol kesehatan dan pembatasan-pembatasan," kata dia saat dikonfirmasi Kompas.com, Senin (12/10/2020).

Seluruh akses masuk untuk kegiatan pariwisata di Kepulauan Seribu, termasuk ke Pulau Tidung, Pulau Pari, Pulau Untung jawa, dan Pulau Sebira, kini sudah dibuka kembali.

Baca juga: PSBB Transisi, Tempat Wisata Jakarta Buka dengan Kapasitas 25 Persen Pengunjung

Pembatasan pengunjung juga telah tercantum dalam keterangan pengaturan khusus per sektor yang diterbitkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Khusus di wisata air dan olahraga dalam air, pengetatan protokol kesehatan tambahannya adalah maksimal 25 persen kapasitas pengunjung, mengatur jaga jarak minimal 1 meter pada setiap wahana, dan mengatur jaga jarak minimal 1 meter pada kegiatan dalam air.

Akses transportasi ke Kepulauan Seribu buka kembali

Sementara itu, melansir situs resmi Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi DKI Jakarta mengumumkan pembukaan kembali akses transportasi ke wilayah Kepulauan Seribu bersamaan dengan penerapan PSBB Transisi.

Kepala Satuan Pelaksana (Kasatpel) Lalu Lintas Angkutan Laut dan Pelayanan Jasa Dishub DKI Jakarta Andi Irham mengatakan, akses transportasi baik kapal milik perhubungan maupun swasta sudah dapat beroperasi dan melayani warga ber-KTP Pulau Seribu maupun wisatawan.

Gazebo di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu.Kementerian PUPR Gazebo di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu.

Wisatawan bisa mengakses untuk menuju ke Kepulauan Seribu dari pelabuhan Kaliadem, Marina Ancol, Tanjung Pasir dan Rawasaban tetap menerapkan 50 persen dari kapasitas kapal, dan menjalankan protokol kesehatan.

Baca juga: Wisata Kepulauan Seribu Tutup Selama PSBB Jakarta Diperketat

Sebelumnya, wisata Kepulauan Seribu tutup ketika Jakarta kembali menetapkan PSBB ketat pada 14 September 2020. Kepulauan Seribu menutup resmi wisatanya pada keesokan harinya, Selasa (15/9/2020).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com