Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Curug Malela, The Little Niagara Asal Bandung Barat

Kompas.com - 18/10/2020, 10:11 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Keindahan Curug Malela di Kampung Manglid, Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat belakangan menarik perhatian wisatawan.

Bentuk curug yang melebar itu bahkan disebut mirip dengan Air Terjun Niagara yang ada di perbatasan Amerika-Kanada. Oleh karena itu, Curug Malela dikenal dengan sebutan The Little Niagara.

Indahnya pemandangan yang ditawarkan Curug Malela tak lepas dari pandangan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Ia bahkan mengunggah video tentang Curug Malela di akun Instagramnya @ridwankamil, pada Jumat (16/10/2020).

Baca juga: Mengunjungi Curug Gorobog, Permata Tersembunyi di Sumedang

"Curug Malela, bukan Milea. Salah satu air terjun terbesar di Jawa Barat. Infrastruktur akses dan ruang istirahat untuk pengunjung sudah diperbaiki agar nyaman dan tidak berpotensi mengotori lingkungan," tulis pria yang akrab disapa Kang Emil dalam akun Instagram @ridwankamil.

Ia juga menyebut bahwa Curug Malela merupakan salah satu program unggulan destinasi wisata dari dana Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Tak lupa, ia mengajak serta wisatawan agar bisa berkunjung ke sana.

Lalu, seperti apa Curug Malela? Apa saja yang ditawarkan oleh tempat wisata yang berjuluk The Little Niagara ini?

Wisata alam dan spot selfie di Bandung Barat

Menurut Bendahara sekaligus Koordinator Curug Malela Ecep Hermaeny, pihak pengelola memang menggagas tempat ini sebagai wisata alam.

"Wisata alam dengan menawarkan curugnya yang indah, mirip seperti Air Terjun Niagara. Pengunjung bisa foto-foto mendekati air terjunnya," kata Ecep saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (17/10/2020).

Curug Malela di Kampung Manglid, Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat.Dokumentasi Curug Malela Curug Malela di Kampung Manglid, Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat.

Air yang mengalir dengan deras di curug Malela berasal dari hulu sungai bagian utara Gunung Kendeng.

Baca juga: 5 Tempat Wisata Hits Terbaru di Lembang dan Sekitarnya Tahun 2020

Gunung itu sendiri kini sudah tidak aktif. Lokasinya ada di bagian barat Ciwidey. Sungai dari Gunung Kendeng itulah yang mengaliri dan lewat sungai Cidadap hingga Gunung Halu.

Curug megah dengan ketinggian 60 meter lebar 70 meter

Lanjut Ecep, Curug Malela memiliki air terjun dengan keindahan alam yang menakjubkan. Tak tanggung-tanggung, tinggi air terjun ini sekitar 60 meter dengan lebar 70 meter.

Terdapat lima jalur air terjun yang terlihat gagah dan besar. Hal ini lah yang menjadi daya tarik wisatawan dan seolah-olah terhipnotis akan keindahan air terjun tersebut.

Bagian dari 7 air terjun besar

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com