Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral, Video Wisatawan Lompat dari Tebing di Pantai Ngandong Yogyakarta

Kompas.com - 30/10/2020, 15:17 WIB
Markus Yuwono,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Viral sebuah video yang merekam aksi nekat dua wisatawan melompat dari tebing saat gelombang tinggi menerjang kawasan Pantai Ngandong, Gunungkidul, Yogyakarta.

Video dua orang itu diketahui kali pertama diunggah oleh akun Instagram @updatedisini. Sampai siang ini, video itu sudah dilihat lebih dari 8.000-an netizen dengan komentar lebih dari 50 orang.

Diunggah ulang oleh akun @beritainaja dengan interaksi yang hampir sama, sebagian besar menyayangkan aksi nekat dua wisatawan tersebut.

Baca juga: Itinerary Seharian di Bukit Wisata Pulepayung Yogyakarta

Dalam video berdurasi 39 detik itu tampak dua wisatawan nekat melompat dari tebing saat gelombang datang. Keduanya lalu sempat berenang beberapa saat.

Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul Surisdiyanto membenarkan kejadian itu. Mereka mengaku kewalahan dengan aksi nekat para wisatawan.

Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 06.00 WIB. Peristiwa ini diketahui pertama kali oleh Sakim, anggota SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul yang bertugas di Pantai Ngandong.

Kedua wisatawan itu sempat berenang dan kesulitan karena gelombang pagi tadi cukup tinggi.

"Karena posisi keduanya itu di rip current (arus balik)," kata Suris saat dihubungi melalui sambungan telepon, Jumat (30/10/2020).

Baca juga: Rekomendasi 7 Coffee Shop di Yogyakarta, Bisa Lihat Candi Prambanan

Belum diketahui kedua asal wisatawan tersebut. Namun, karena peristiwa tersebut, mereka diberi peringatan oleh petugas agar tidak mengulangi perbuatannya.

Suris mengakui, banyak kasus kecelakaan laut karena wisatawan nekat berenang.

Pihaknya sudah memasang rambu, mengingatkan secara lisan dengan pengeras suara, atau mendatangi langsung, tetapi banyak wisatawan yang tidak memedulikan.

"Kadang mereka cuek ketika diingatkan, sehingga kami sering mengulang-ulang peringatan. Setelah kami pergi, mereka berenang kembali," ucap Suris.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com