Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Tak Terlambat, Penumpang KA Diimbau Rapid Test H-1 Keberangkatan

Kompas.com - 30/10/2020, 20:08 WIB
Anggara Wikan Prasetya

Penulis

KOMPAS.com – Penumpang kereta api jarak jauh (KAJJ) diimbau melakukan rapid test Covid-19 di stasiun sehari sebelum hari keberangkatan.

Itu karena momen libur panjang membuat jumlah penumpang KAJJ bertambah yang berdampak pada padatnya antrean rapid test di stasiun.

Menurut rilis resmi yang Kompas.com terima, Jumat (30/10/2020), sejak Sabtu-Kamis (24-29 Oktober 2020), layanan rapid test di Stasiun Pasar Senen dan Gambir telah melayani sekitar 12.781 calon penumpang.

Dua stasiun itulah yang memiliki fasilitas rapid test di area Daerah Operasional (Daop) 1 Jakarta. Jam operasional rapid test adalah pukul 07.00-19.00 WIB.

Baca juga: Penumpang KA Jarak Jauh Diimbau Tes Rapid H-1 Keberangkatan

Biaya rapid test di Stasiun Pasar Senen dan Gambir adalah Rp 85.000. Calon penumpang harus memiliki kode booking kereta api jarak jauh (KAJJ) yang telah dibayar lunas jika ingin rapid test di stasiun.

Adapun, imbauan untuk rapid test H-1 sebelum hari keberangkatan ditujukan agar para calon penumpang tidak terlambat atau ketinggalan KA.

Jika tidak ingin mengantre untuk rapid test di stasiun, calon penumpang juga bisa melakukan tes di klinik-klinik terdekat yang memiliki fasilitas rapid test.

Ilustrasi kereta api, KA RanggajatiShutterstock Ilustrasi kereta api, KA Ranggajati

Apabila hasil rapid test reaktif, maka calon penumpang tidak diperkenankan naik KA. Tiket akan dikembalikan 100 persen di luar bea pesan.

Selanjutnya calon penumpang itu akan disarankan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan lebih lanjut.

Info selengkapnya seputar jadwal perjalanan KA dapat didapat melalui aplikasi KAI Access, situs web kai.id, Contact Center 121 line (021)121, Layanan pelanggan cs@kai.id dan media sosial @keretaapikita @kai121_

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com