Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisatawan Pantai Lebak Diminta Waspada, Ada Potensi Gelombang Tinggi

Kompas.com - 31/10/2020, 10:17 WIB
Kahfi Dirga Cahya

Penulis

KOMPAS.com - Wisatawan di Pantai Lebak diminta hati-hati saat berada di sana. Pasalnya, ada potensi gelombang tinggi hingga mencapai enam meter.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten.

"Kami minta nelayan, warga setempat juga wisatawan tidak melakukan kegiatan di sekitar pesisir pantai," kata Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Banten Sumardi di Posko Kesiapsiagaan Bencana wilayah selatan Lebak, Jumat (30/10/2020), dikutip dari Antara.

Baca juga: Nikmati 5 Pantai Eksotis dalam Sehari di Sawarna

Selain gelombang yang cukup tinggi, empat sampai enam meter, ada juga potensi tiupan angin kencang--bahkan mengeluarkan suara bergemuruh.

Cuaca buruk seperti itu, kata Sumardi, membahayakan dan dapat menimbulkan kecelakaan laut.

BPBD Banten mengoptimalkan pemantauan di sekitar pesisir selatan Lebak berdasarkan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bahwa fenomena La Nina akan berlangsung sampai April 2021.

Fenomena La Nina ditandai gelombang tinggi, curah hujan meningkat disertai tiupan angin kencang.

Baca juga: Asyik Menginap di Sawarna

Untuk mengurangi risiko kebencanaan, BPBD Banten kini mendirikan Posko Kesiapsiagaan bencana yang berlokasi di Villa Hejo Kiara Payung Kecamatan Panggarangan.

"Kami menjalin kerja sama dengan relawan, TNI, Polri, Rafi dan masyarakat untuk mengendalikan bencana jika sewaktu-waktu terjadi pada fenomena La Nina itu," katanya menjelaskan.

Menurut dia, BPBD Banten kini menyampaikan peringatan pada masyarakat, wisatawan dan nelayan agar tidak melakukan aktivitas di sekitar pesisir selatan Lebak.

"Sebab, ketinggian gelombang dan angin kencang sangat mengancam keselamatan jiwa."

Baca juga: Pantai Sawarna Tidak Kalah Indah

Selama ini, pesisir selatan Lebak kurang bersahabat karena berhadapan dengan Perairan Samudera Hindia.

BPBD Banten juga sudah menyampaikan kepada pemilik wisata di Pantai Binuangeun, Panggarangan, Sukamaju, Bagedur, Cihara, Bayah, Pulau Manuk, Panggarangan, Sawarna hingga Tanjung Panto agar meningkatkan waspada ancaman gelombang tinggi.

Begitu juga wisatawan diimbau tidak berenang di sekitar pantai selatan karena sangat berbahaya dan berpotensi menimbulkan kecelakaan laut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com