Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

25 Tempat Wisata di Purwakarta, Wisata Alam Sampai Museum Canggih

Kompas.com - Diperbarui 06/10/2022, 17:55 WIB
Lenny Septiani,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Lokasinya yang tak begitu jauh dari ibu kota membuat sejumlah destinasi wisata Purwakarta menarik untuk dikunjungi pada akhir pekan atau momen liburan lainnya.

Kabupaten Purwakarta di Jawa Barat disebut sebagai kota pensiun karena menawarkan suasana yang jauh dari hiruk pikuk dan keramaian.

Baca juga: 10 Wisata Keluarga di Purwakarta, Bisa Dikunjungi Saat Akhir Pekan

Meski begitu, Purwakarta menawarkan potensi wisata yang juga tak kalah saing dari kota-kota lainnya.

Kompas.com merangkum sejumlah destinasi wisata di Purwakarta yang bisa menjadi pilihan untuk kamu kunjungi bersama orang-orang tercinta.

Tempat wisata Purwakarta

1. Tebing Boyer

Tebing Boyer, salah satu destinasi wisata di Purwakarta yang sering dimanfaatkan untuk spot berfoto.TRIBUN JABAR/NANDRI PRILATAMA Tebing Boyer, salah satu destinasi wisata di Purwakarta yang sering dimanfaatkan untuk spot berfoto.

Salah satu destinasi wisata Purwakarta yang dapat dikunjungi adalah Tebing Boyer.

Tempat ini sempat viral di media sosial adalah Tebing Boyer yang menawarkan spot foto menarik dan Instagramable.

Baca juga: 4 Wisata Instagramable di Purwakarta, Pas untuk Hunting Foto

Tebing dengan batuan tersusun ini berada di tepi Waduk Jatiluhur, tepatnya di Kampung Talun, Desa Tajursindang, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta.

Selain mengambil foto, di sini pengunjung juga dapat menikmati pemandangan Waduk Jatiluhur dan pegunungan, juga menikmati suasana yang menyejukkan.

2. Parang Gombong

Jika mencari tempat berkemah dengan pemandangan indah dari danau yang luas, rumput hijau, dan pegunungan, Parang Gombong cocok menjadi pilihan.

Parang Gombong menawarkan pesona matahari terbit maupun tenggelam yang begitu menawan. Lokasinya ada di Kutamanah, Sukasari, Kabupaten Purwakarta.

Baca juga: 7 Wisata Purwakarta Dekat Stasiun, Banyak Waterpark yang Bisa Dikunjungi

Selain pemandangan indah, tersedia pula spot-spot foto yang cantik dan Instagramable, warung makan, WiFi di salah satu warung makan, serta mushala, dan toilet.

3. Gunung Bongkok

Anggota organisasi Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Indonesia (Mapala UI) sedang memanjat tebing dengan teknik bouldering di Gunung Bongkok, Desa Sukamulya, Kecamatan Tegal Waru, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Minggu (14/4/2019). Gunung Bongkok merupakan salah satu destinasi wisata di Purwakarta yang dapat dikunjungi.KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Anggota organisasi Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Indonesia (Mapala UI) sedang memanjat tebing dengan teknik bouldering di Gunung Bongkok, Desa Sukamulya, Kecamatan Tegal Waru, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Minggu (14/4/2019). Gunung Bongkok merupakan salah satu destinasi wisata di Purwakarta yang dapat dikunjungi.

Gunung Bongkok sangat cocok untuk pemula dan dapat menjadi lokasi berkemah karena memiliki ketinggian 985 meter di atas permukaan laut (mdpl) dengan durasi waktu pendakian sekitar dua jam.

Pilihan destinasi wisata Purwakarta ini memiliki dua puncak untuk digapai, yaitu Puncak Datar dan Puncak Batu Tumpu, terletak di Desa Cikandang, Kecamatan Purwakarta.

Baca juga: 9 Alasan Gunung Parang di Purwakarta Cocok untuk Pendaki Pemula

Pemandangan yang begitu indah dapat dinikmati dari Gunung Bongkok. Pendaki dapat menikmati panorama Gunung Parang, Waduk Jatiluhur, dan Kota Purwakarta.

Panorama matahari terbit dari sini begitu memukau dan memberikan sensasi yang mendebarkan.

Pengunjung harus membayar administrasi sebesar Rp 12.000 per orang dan tarif parkir Rp 5.000 untuk motor.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com