Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Panjang, 455 Calon Wisatawan Candi Borobudur Jalani Rapid Test

Kompas.com - 02/11/2020, 09:15 WIB
Anggara Wikan Prasetya

Penulis

KOMPAS.com – PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko telah melakukan upaya pencegahan penyebaran Covid-19 pada libur panjang Rabu (28/10/2020) sampai Minggu (1/11/2020).

Salah satu upaya yang dilakukan adalah melakukan rapid test acak bagi wisatawan yang akan berkunjung ke Candi Borobudur, sehingga dapat dilakukan pencegahan lebih awal.

Adapun, jalannya rapid test acak selama periode libur panjang itu dilakukan petugas dari Dinas Kesehatan Jawa Tengah.

Baca juga: 2 Wisatawan di Kawasan Candi Borobudur Positif Covid-19

“Tes yang dulakukan secara acak tersebut mengambil sampel darah 455 wisatawan yang akan berkunjung,” kata Sekretaris PT TWC Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko Emilia Eny Utari dilansir Antara, Senin (2/11/2020).

Ia melanjutkan, tes tidak dilakukan pada wisatawan yang telah masuk ke dalam kawasan wisata candi. Pelaksanaan tes juga dilakukan di Touris Information Center Borobudur yang lokasinya 1 kilometer (km) dari Taman Wisata Candi Borobudur.

“Kami klarifikasi dan tegaskan bahwa beberapa orang yang positif Covid-19 kemarin bukan wisatawan yang sudah masuk kawasan taman wisata candi. Namun, baru akan ke Candi Borobudur dan sudah tersampling oleh petugas,” ujar Emilia.

Ilustrasi Candi Borobudur di Magelang, Jawa TengahDokumentasi Biro Komunikasi Kemenparekraf Ilustrasi Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah

Selain melakukan rapid test acak, pihaknya juga terus menerapkan protokol kesehatan secara ketat, sehingga wisatawan tak perlu khawatir berkunjung ke Candi Borobudur.

“Hal ini untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi wisatawan dalam melakukan kunjungan wisata,” imbuh dia.

Baca juga: Drone Jatuh di Kawasan Borobudur, Balai Konservasi Lakukan Evaluasi

Emilia pun menyampaikan bahwa pihaknya mendukung kesiapan petugas dalam mengawal libur panjang kemarin dan berharap semua tetap sehat.

Berwisata saat pandemi, pengunjung tetap harus mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19, seperti wajib memakai masker, jaga jarak, cuci tangan pakai sabun, dan tidak bepergian ketika sakit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com