Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Piknik Bersama Keluarga, Jangan Sampai Kecele

Kompas.com - 05/11/2020, 12:02 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Piknik merupakan salah satu kegiatan yang bisa dinikmati sendiri atau ramai-ramai, baik bersama keluarga, rekan kerja, atau kerabat dekat.

Apabila ingin piknik dalam waktu dekat, baik itu ke tempat wisata maupun ruang publik, seperti taman atau ruang publik terpadu ramah anak (RPTRA), terdapat sejumlah tips yang dapat dilakukan.

Vidi Batlolone asal Jakarta Timur yang beberapa waktu yang lalu melakukan piknik bersama keluarganya, memberikan beberapa pengalaman dan tips bagi mereka yang akan piknik.

Baca juga: Nepal Buka Lagi, Pendaki Asing Bisa Kembali Mendaki Himalaya

“Yang paling penting karena kami punya balita, yang nyaman aja buat anak-anak, misalnya jalan ke lokasi jangan terlalu sukar atau bukan di tempat yang banyak tangganya,” kata dia kepada Kompas.com, Rabu (4/11/2020).

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut tips bagi wisatawan yang ingin piknik bersama keluarga yang telah Kompas.com rangkum:

1. Cari informasi

Vidi menceritakan bahwa salah satu pengalamannya saat piknik di tengah pandemi Covid-19 adalah, dia terpaksa piknik di area parkir tempat wisata karena tidak mengetahui informasi terbaru soal tempat yang dituju.

“Tadinya mau ke Ancol, ternyata gak boleh bawa anak di bawah umur. Mau ke Kota Tua tutup, ke Monas tutup. Akhirnya gelar tikar di parkiran,” ujar dia.

Berdasarkan pengalamannya yang piknik di parkiran IRTI Monas, Vidi menyarankan agar calon wisatawan mencari informasi terlebih dahulu sebelum piknik agar tidak kecele.

Baca juga: Wings Air Akan Buka Rute ke Lembata, Bisa Wisata ke Ujung Timur Flores

Adapun, beberapa informasi yang dapat dicari adalah apakah tempat yang dituju sudah buka atau belum, serta jam operasionalnya yang mengalami perubahan atau tidak.

“Makanya pas ke Cibubur, gua cari info secermatnya. Jadi lancar piknik di situ. Ke Cibubur itu juga lihat foto di Facebook orang, terus gua telepon orangnya gua tanya-tanya,” ujar Vidi.

2. Siapkan rencana cadangan

Tips kedua adalah siapkan rencana atau tujuan piknik cadangan di samping tujuan yang utama.

Menurut Vidi, hal itu penting jika lokasi yang dituju tidak sesuai harapan dan agar calon wisatawan tidak berdiam diri dan bingung di sana.

Jika sudah menyiapkan tempat tujuan yang akan dituju, maka wisatawan bisa berpindah ke lokasi lain jika lokasi pertama tidak sesuai harapan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com