Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cek Harga Makanan di Kereta Api Bisa Lewat Sini supaya Tidak Kaget

Kompas.com - 07/11/2020, 11:11 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Beberapa waktu lalu, sebuah unggahan di Twitter sempat viral soal harga makanan di kereta api jarak jauh yakni Rp 45.000 untuk paket nasi goreng dan minuman.

Manager Marketing Communication and Event Organizer PT Reska Multi Usaha Decil Christianto menuturkan, penumpang tidak perlu kaget lantaran mereka bisa cek harga terlebih dahulu.

Baca juga: Mau Naik Kereta Api? Ini Cara Beli Tiket KA Offline dan Online

“Sebenarnya bisa cek secara online, download aplikasi LokoMart atau akses situsnya,” kata dia kepada Kompas.com, Jumat (6/11/2020).

Decil melanjutkan, para pemegang tiket kereta api bisa memeriksa harga dan melakukan pemesanan secara online dengan langkah-langkah berikut:

  • Memiliki tiket kereta api
  • Unduh aplikasi LokoMart atau akses situs lokomart.id
  • Masukkan kode pemesanan tiket kereta api di bagian yang sudah tersedia
  • Daftar menu beserta harga bisa langsung dilihat dan dipesan

Namun, Decil menegaskan bahwa langkah-langkah tersebut baru bisa dilakukan saat kereta api yang dikendarai sudah berangkat atau sedang dalam perjalanan.

“Dicek setelah naik kereta api. Bisa juga tanya petugas untuk meminta buku menu,” kata Decil.

Untuk mengetahui harga menu dan melakukan pemesanan secara langsung saat berada di kereta api, kamu bisa mengikuti langkah berikut:

  • Minta buku menu ke pramugari atau pramugara yang sedang bertugas, atau berkunjung langsung ke Kereta Makan yang memiliki buku menu
  • Setelah melihat harga dan melakukan pemesanan, petugas kereta api akan melakukan konfirmasi
  • Lakukan transaksi pembayaran
  • Petugas akan memberikan setruk sebagai bukti transaksi pembayaran
  • Nikmati menu yang telah dipesan

Bawa bekal sendiri

Bagi yang ingin menghemat uang, Decil menuturkan bahwa pihaknya menyediakan menu alternatif yakni makanan ringan dengan kisaran harga Rp 15.000.

Selain itu, dia juga menyarankan agar penumpang membawa bekal sendiri saat naik kereta api jika enggan mengeluarkan uang.

“Setau say,a tidak ada larangan untuk membawa makanan ke kereta. (Jenis) makanan tergantung dari masing-masing,” pungkasnya.

Baca juga: Catat, Protokol Kesehatan Naik Kereta Api dari Jakarta

Sebelumnya, seorang pengguna Twitter @dehallusinate mengeluhkan harga makanan di kereta api jarak jauh yang menuturnya cukup mahal.

Dengan harga Rp 45.000, mengutip Kompas.com, Senin (2/11/2020), dia mendapatkan nasi goreng dengan potongan ayam goreng dan telur ceplok goreng serta minuman Fruit Tea.

“Udah hampir setahun gak naek kereta jarak jauh, dan skrg kaget ktika makan suruh bayar 45rb (utk nasi goreng ayam + minum 1 botol fruit tea) #ptkainaikhaji fyi: kereta nya KA kahuripan (ekonomi) @KAI121 seriusan ini cara pricing nya gini skrg? List menu harga mana?” tulis akun tersebut mengawali sebuah utas yang ia buat.

Baca juga: Panduan Lengkap Refund Tiket Mudik Kereta Api

Sementara itu, pada unggahan lain dia memberi saran agar harga makanan yang dijual di kereta api disesuaikan dengan harga tiket.

Keluhan soal harga makanan pun menuai pro dan kontra dari sejumlah pengguna Twitter lainnya. Salah satunya datang dari @auliaahsan_ yang menuturkan bahwa dirinya kerap membawa bekal dari rumah.

“Dulu jaman kuliah sering ga ada uang dan kalo kepepet ya bawa bekal dr rumah atau bungkus nasi sebelum masuk kereta, karena ya emg aku nyadar kalo disana mahal. Kadang tau diri itu penting sih drpd asal protes mulu, masih mending disana ada makan kl kepepet drpd gaada sm sekali,” ujarnya.

Ada juga akun @WeningAA yang menyarankan agar penumpang bertanya terlebih dahulu sebelum memesan makanan agar tidak terkejut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com