Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akses Bandara Soekarno-Hatta Sempat Macet, AirAsia Beri Kebijakan Reschedule dan Akun Kredit

Kompas.com - 10/11/2020, 13:13 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi


KOMPAS.com – AirAsia menawarkan pilihan kompensasi bagi penumpang penerbangan dari Jakarta pada Selasa, 10 November 2020.

Pilihan kompensasi ini berlaku untuk penumpang yang tidak dapat tiba di bandara tepat waktu untuk penerbangan dengan keberangkatan dari Jakarta akibat kepadatan lalu lintas di sekitar Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng.

Berdasarkan rilis yang diterima Kompas.com, penumpang bisa memiliki salah satu dari dua pilihan kompensasi berikut. 

Baca juga: Citilink Bebaskan Biaya Reschedule dan Refund Penerbangan 10 November 2020

Ubah jadwal

Penumpang bisa memindahkan penerbangan ke tanggal lainnya sebelum 31 Desember 2020 pada rute yang sama hingga 48 jam sebelum waktu keberangkatan. Ubah jadwal ini bisa dilakukan berkali-kali tanpa biaya tambahan. Tergantung pada ketersediaan kuris.

Untuk mengubah jadwal penerbangan, penumpang bisa berbicara dengan customer service AirAsia Virtual Allstar (AVA) di http://tinyurl.com/vl9mayx dengan jadwal penerbangan baru (tanggal dan waktu).

Akun Kredit

Penumpang juga bisa mendapatkan kompensasi berupa saldo akun kredit senilai pembelian tiket sebelumnya. Saldo akun kredit ini berlaku hingga 730 hari (2 tahun) sejak diterbitkan untuk pembelian tiket berikutnya.

Saldo dapat digunakan untuk pemesanan penerbangan dengan jadwal melebihi masa berlaku selama jadwal penerbangan yang diinginkan telah tersedia.

Baca juga: Cara Refund dan Reschedule Penerbangan Garuda dari Bandara Soekarno-Hatta pada 10 November 2020

Akun kredit lebih cepat didapatkan dan lebih mudah digunakan untuk pemesanan tiket berikutnya. Jika diperlukan, penumpang bisa menggabungkan saldo akun kredit dengan metode pembayaran lainnya.

Untuk mendapatkan akun kredit, penumpang juga bisa berbicara dengan AVA di https://air.asia/CA dan ikuti arahan selanjutnya.

Informasi pengajuan kompensasi tersebut di atas hanya berlaku untuk pelanggan yang melakukan pemesanan melalui situs airasia.com atau aplikasi AirAsia.

Bagi pelanggan yang memesan melalui group desk atau melalui agen perjalanan, silakan menghubungi agen pemesanan masing-masing untuk bantuan lebih lanjut.

Bagi penumpang yang memiliki pertanyaan mengenai penerbangannya bisa menghubungi petugas layanan pelanggan yang berada di bandara atau menghubungi AVA lewat akun Twitter @AVA_AirAsia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com