Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/11/2020, 18:18 WIB
Nabilla Ramadhian,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Hari Pahlawan jatuh pada Kamis (10/11/2022). Untuk merayakannya, salah satu kegiatan yang bisa dilakukan adalah museum hopping di Jakarta.

Berikut daftar lima museum di Jakarta yang bisa dikunjungi untuk museum hopping dalam rangka merayakan Hari Pahlawan yang telah Kompas.com rangkum.

Museum di Jakarta untuk rayakan Hari Pahlawan

1. Museum Fatahillah

Museum Fatahillah atau Museum Sejarah Jakarta terletak di Jalan Taman Fatahillah nomor 1, Taman Sari, Jakarta Barat. Tepatnya di dalam komplek Kota Tua.

Baca juga: Hari Pahlawan, Kisah Hotel Majapahit Surabaya yang Legendaris

Museum yang pada 1700-an merupakan balai kota Batavia memiliki beragam koleksi dan ruangan menarik, salah satunya adalah replika kamar Pangeran Diponegoro.

Ruang Pangeran Diponegoro di Museum Fatahillah, Jakarta, Rabu (12/8/2020). Pangeran Diponegoro sebelum diasingkan ke Manado sempat singgah di Batavia tepatnya di Stadhuis Batavia (Balaikota Batavia) untuk ditahan selama hampir sebulan sambil menunggu keputusan dari Dewan Pengadilan Belanda.KOMPAS.com/WAHYU ADITYO PRODJO Ruang Pangeran Diponegoro di Museum Fatahillah, Jakarta, Rabu (12/8/2020). Pangeran Diponegoro sebelum diasingkan ke Manado sempat singgah di Batavia tepatnya di Stadhuis Batavia (Balaikota Batavia) untuk ditahan selama hampir sebulan sambil menunggu keputusan dari Dewan Pengadilan Belanda.

Jika ingin memasukinya, pengunjung wajib mengganti alas kaki dengan sandal khusus yang telah disediakan.

Selama berada di replika kamar salah satu pahlawan Indonesia, kamu dapat melihat beberapa lukisan yang berhubungan dengan Diponegoro.

Salah satunya adalah lukisan karya Raden Saleh yang dibuat pada 1857. Lukisan tersebut menggambarkan Diponegoro saat ditangkap oleh Jenderal Hendrik Markus de Kock.

Baca juga: 5 Tempat di Surabaya untuk Memperingati Hari Pahlawan

Ada juga koleksi lainnya seperti peta perjalanan Diponegoro dari ditangkap hingga dibuang ke Manado dan Makassar.

Museum Fatahillah buka setiap Selasa-Minggu mulai pukul 09.00-15.00 WIB.

2. Museum Sumpah Pemuda

Museum ini berlokasi di Jalan Kramat Raya nomor 106, Senen, Jakarta Pusat.

Diorama Kongres Pemuda II di Museum Sumpah Pemuda, Jakarta Pusat, DKI Jakarta DOK. Shutterstock Diorama Kongres Pemuda II di Museum Sumpah Pemuda, Jakarta Pusat, DKI Jakarta DOK. Shutterstock

Bangunan Museum Sumpah Pemuda dulunya merupakan tempat dicetuskannya deklarasi Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928.

Beberapa tokoh nasional yang pernah tinggal di sana saat bangunan masih menjadi rumah kos mahasiswa adalah Muhammad Yamin dan Amir Sjarifoedin.

Baca juga: 25 Ucapan Selamat Hari Pahlawan 10 November 2022, Kobarkan Jiwa Nasionalisme

Salah satu koleksi yang menjadi ikon Museum Sumpah Pemuda adalah patung W.R. Soepratman dan biolanya yang dapat dilihat wisatawan saat berkunjung ke sana.

Jam buka Museum Sumpah Pemuda untuk Selasa-Kamis serta Sabtu dan Minggu adalah pukul 08.00-16.00 WIB. Sementara hari Jumat pukul 08.00-16.00 WIB.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com