Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

14 Tempat Wisata di Yogyakarta Selain Kawasan Gunung Merapi

Kompas.com - 11/11/2020, 11:17 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Gunung Merapi berada di status Siaga (Level III) sejak Kamis (5/11/2020). Akibatnya banyak kawasan wisata yang dianggap berada di zona merah Gunung Merapi harus ditutup operasionalnya.

Namun Yogyakarta tak hanya punya tempat wisata di sekitar kawasan Gunung Merapi saja. Ada banyak sekali tempat wisata yang bisa kamu kunjungi di sekitar kota pelajar ini yang berada jauh dari area rawan bencana Gunung Merapi.

Baca juga: Catat, 10 Tempat Wisata di Yogyakarta yang Sudah Dibuka Kembali

1. Bukit Panguk Kediwung

Bukit Panguk Kediwung berlokasi di Kediwung, Mangunan, Dlingo, Kabupaten Bantul. Kamu bisa melihat pemandangan indah dari ketinggian. Ada beberapa gardu pandang yang tersedia yang juga jadi spot Instagramable yang sayang untuk dilewatkan.

Selain berswafoto dengan latar alam perbukitan dan hutan yang hijau, kamu juga bisa melihat matahari terbit dari atas awan.

Jam operasionalnya Selasa-Minggu pukul 04.00-16.00 WIB. Harga tiket masuknya Rp 3.000 saja dengan parkir mobil Rp 5.000 dan motor Rp 3.000. Kamu juga bisa cek akun Instagram @bukitpanguk_kediwung atau lihat di aplikasi Visiting Jogja.

Wisata Kalibiru di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.Shutterstock/Naufal Ilham S Wisata Kalibiru di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

2. Kalibiru

Letaknya di Jalan Waduk Sermo, Kokap, Hargowilis, Kabupaten Kulon Progo. Jam operasionalnya Senin-Minggu pukul 08.00-16.00 WIB.

Kawasan Wisata Kalibiru punya banyak spot Instagramable. Beberapa di antaranya berupa spot foto dari ketinggian yang memperlihatkan latar alam cantik seperti bukan di Yogyakarta. Salah satunya pemandangan Waduk Sermon dan Pegunungan Menoreh yang indah.

Harga tiket masuknya adalah Rp 10.000. Di dalamnya ada harga berbeda untuk tiap spot foto, berkisar mulai dari Rp 10.000 – Rp 30.000. Selain spot foto, ada pula aneka permainan outbound yang seru dengan harga yang terjangkau.

3. Gerbang Banyu Langit

Tempat wisata ini terletak di Jalan Bintaran Kulon RT06, Bantaran Kulon, Srimulyo, Piyungan, Bantul. Jam operasionalnya Selasa-Jumat pukul 08.00-18.00 WIB dan Sabtu-Minggu pukul 06.00-21.00 WIB.

Baca juga: Sambut Pagi dengan Naik Kuda Terbang di Bukit Panguk Bantul

Letaknya tak jauh dari Sungai Opak sehingga para pengunjung bisa bemain ayunan atau ban karet di sudut sungai.

Kamu juga bisa berfoto di ikon Gerbang Banyu Langit yakni menara bambu dengan tiga lantai. Kedua menara dihubungkan dengan jembatan yang juga Instagramable.

Untuk masuk ke kawasan ini, pengunjung tidak dipungut biaya melainkan hanya uang parkir sepeda motor Rp 20.000 dan mobil Rp 5.000. Untuk informasi lebih lanjut kamu bisa langsung menghubungi akun Instagram @gerbangbanyulangit atau aplikasi Visiting Jogja.

Para Pengunjung Memasuki Gua Kalisuci, Semanu, GunungkidulKompas.com/Markus Yuwono Para Pengunjung Memasuki Gua Kalisuci, Semanu, Gunungkidul

4. Goa Kalisuci

Mungkin banyak wisatawan yang sudah familiar dengan Goa Kalisuci. Lokasinya di Dusun Jetis Wetan, Kelurahan Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul.

Di sana kamu bisa melakukan wisata cave tubing sekitar 1,5 jam mengarungi sungai yang segar. harga untuk melakukan cave tubing adalah Rp 120.000 untuk wisatawan lokal dan Rp 250.000 untuk wisatawan mancanegara.

Untuk informasi lebih lengkap kamu bisa lihat di aplikasi Visiting Jogja.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com