Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Makam yang Paling Sering Dikunjungi di TPU Karet Bivak

Kompas.com - 12/11/2020, 17:17 WIB
Nabilla Ramadhian,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Dikeliingi oleh sejumlah gedung pencakar langit, Taman Pemakaman Umum (TPU) Karet Bivak memiliki beberapa makam dari orang ternama termasuk para seniman tersohor Indonesia.

“Mulai dari Ismail Marzuki, Husni Thamrin pahlawan nasional asli Jakarta, Benyamin Sueb, dan Chairil Anwar,” kata Pendiri Wisata Kreatif Jakarta Ira Lathief dalam tur virtual Jelajah Makam-makam Pahlawan, Selasa (10/11/2020).

Baca juga: 7 Fakta Menarik TMP Kalibata, Makam Pahlawan Revolusi Dibedakan

Ira melanjutkan, TPU Karet Bivak memiliki dua makam yang sering dikunjungi oleh sejumlah masyarakat untuk berziarah.

Salah satunya adalah makam Fatmawati Soekarno yang letaknya berada di sisi kanan pintu masuk area tersebut.

Makam Fatmawati Soekarno di TPU Karet Bivak, Jakarta.TribunJakarta/Nawir Arsyad Akbar Makam Fatmawati Soekarno di TPU Karet Bivak, Jakarta.

Adapun, mayoritas peziarah makam tersebut adalah para simpatisan sebuah partai politik di Indonesia yang kerap berkunjung pada musim pemilihan kepala daerah, pemilihan presiden, dan sebagainya.

Sementara makam kedua adalah makam Chairil Anwar, seorang penyair legendaris dan pelopor Angkatan 45 yang dijuluki sebagai “Si Binatang Jalang”.

“Yang paling banyak diziarahi adalah makam Chairil Anwar. Kenapa? Dia makamnya unik nisannya, beda sendiri,” ujar Ira.

Fadli Zon berfoto di makam Chairil Anwar di TPU Karet Bivak, Jakarta.dok. Twitter @fadlizon Fadli Zon berfoto di makam Chairil Anwar di TPU Karet Bivak, Jakarta.

Batu nisan yang menghiasi makam Chairil Anwar memiliki bentuk bak pena berwarna putih dan menjulang tinggi di antara batu nisan sekitarnya.

Biasanya, para peziarah yang meramaikan makam Chairil Anwar adalah para mahasiswa sastra yang rutin berkunjung jelang Hari Puisi Nasional setiap 28 April bertepatan dengan kepergiannya.

Baca juga: Wisata di Jakarta, Mengenal Kesenian di Taman Ismail Marzuki

Sementara makam lain yang juga dikunjungi peziarah adalah makam Ismail Marzuki yang melodi indahnya masih dikenang hingga kini.

“(Ada juga makam) Husni Thamrin anggota Volksraad yang memperjuangkan hak air bersih untuk rakyat sipil, ini cikal bakal PD PAM Jaya,” tutup Ira.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com