Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Chile Akan Buka Kembali Perbatasan Desember 2020

Kompas.com - 14/11/2020, 08:08 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Chile akan menyambut kembali wisatawan pada Desember 2020 setelah menutup perbatasan selama lebih dari delapan bulan.

Melansir Travel Off Path, Rabu (11/11/2020), Kementerian Kesehatan Chile mengumumkan keputusan pembukaan kembali perbatasan mereka pekan ini.

Namun, tanggal pastinya belum ditetapkan kapan, sehingga pembukaan perbatasan dapat terjadi paling cepat akhir November atau pekan pertama Desember 2020.

Baca juga: Pantai Tanjung Kesirat Disorot Netizen karena Sampah Berserakan

Meski begitu, pemerintah Chile sudah sangat jelas akan seluruh persyaratan masuk dan protokol biosecurity termasuk negara mana yang warganya diizinkan masuk ke Chile, serta di bawah aturan apa.

Jumlah kasus harian Chile telah berada dalam kondisi yang cukup stagnan selama beberapa bulan terakhir setelah adanya lonjakan besar pada Juni.

Kondisi tersebut merupakan salah satu faktor utama dalam keputusan mereka untuk membuka kembali perbatasan bagi pariwisata.

Syarat liburan ke Chile

Sejauh ini, pemerintah Chile menegaskan bahwa seluruh negara terlepas dari situasi epidemiologinya dapat berkunjung ke sana untuk berwisata.

Namun, terdapat sejumlah syarat bagi orang-orang yang akan masuk ke negara tersebut. Warga negara yang akan kembali dan wisatawan wajib menyerahkan bukti negatif Covid-19 tidak lebih dari 72 jam sebelum kedatangan.

Ilustrasi Chile - Tempat wisata Torres del Paine National Park, Chile.PIXABAY / JMARTI20 Ilustrasi Chile - Tempat wisata Torres del Paine National Park, Chile.

Seluruh kedatangan yang mematuhi aturan tes PCR tidak akan melalui karantina wajib 14 hari.
Namun, jika ada penumpang yang tidak menyerahkan bukti negatif Covid-19 atau menunjukkan gejala saat tiba di Chile, mereka akan dikarantina.

Selain itu, orang-orang yang akan berkunjung ke Chile wajib mengisi formulir pernyataan kesehatan secara daring sebelum tiba di sana.

Baca juga: Cerita Berburu Tiket Pesawat Murah Saat Promo AirAsia, Jakarta-Lombok PP Rp 188.000

Mereka juga wajib mengikuti seluruh protokol kesehatan yang diterapkan di seluruh Chile termasuk jam malam mulai pukul 23:00-05:00 waktu setempat.

Penggunaan masker di seluruh tempat pun diwajibkan. Seluruh masyarakat juga harus mengikuti aturan jaga jarak dan rajin mencuci tangan.

Pengembangan aplikasi pelacakan

Pemerintah Chile ingin mengimplementasikan sebuah aplikasi pelacakan kontak untuk mengurangi risiko kemungkinan penyebaran Covid-19.

Adapun, aplikasi tersebut juga agar wisatawan yang tiba di Chile dapat segera jalan-jalan dan melancong tanpa karantina.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com