Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisata Embung Manajar Masih Buka meski Gunung Merapi Siaga

Kompas.com - 16/11/2020, 17:20 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Kawasan wisata Embung Manajar di Desa Samiran, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah masih buka secara normal walaupun status Gunung Merapi Siaga (Level III).

Pasalnya, kawasan wisata Embung Manajar walaupun terletak sekitar 4 km dari puncak Gunung Merapi, tapi relatif aman karena terletak di bagian utara gunung.

"Bisa dipastikan aman dari dulu pun aman. Kita kan sebelah utaranya Gunung Merapi. Istilahnya kita di punggungnya. Biasanya lahar enggak ke arah sana," kata pengelola Embung Manajar Dicky Saputra ketika dihubungi Kompas.com, Senin (16/11/2020).

Baca juga: Merapi Siaga, Wisata Bukit Sanjaya di Selo Boyolali Tetap Buka

Walaupun operasionalnya masih berjalan normal, kata Dicky, pengunjung yang datang ke Embung Manajar cenderung berkurang drastis.

Sejak status Gunung Merapi naik jadi Level III Siaga, jumlah pengunjung Embung Manajar khususnya dari luar kota banyak yang merasa takut untuk berkunjung ke sana.

Menurut Dicky, jumlah penurunan pengunjungnya bisa mencapai lebih dari 80 persen dari biasanya.

Pemandangan Indah Embung Manajar

Gunung Lawu yang bisa dilihat dari Embung Manajar Boyolali.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Gunung Lawu yang bisa dilihat dari Embung Manajar Boyolali.

Embung Manajar terletak tak jauh dari pusat kota Boyolali. Jarak tempuhnya hanya sekitar 20 kilometer dari pusat kota dengan waktu tempuh sekitar 45 menit.

Selain punya pemandangan Gunung Merapi, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan Gunung Merbabu. Pasalnya Embung Manajar terletak di lereng sebelah selatan Gunung Merbabu. Embung ini berada di ketinggian sekitar 1,700 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Apalagi jika cuacanya sedang sangat cerah. Ada beberapa gunung lain yang bisa terlihat dari Embung Manajar. Seperti gunung Lawu di ufuk timur yang ada di perbatasan Jawa Tengah-Jawa Timur.

Lalu di barat ada Gunung Sumbing di Kabupaten Temanggung, Wonosobo, dan Magelang. Serta Gunung Slamet pun terlihat walaupun begitu kecil.

Baca juga: Embung Manajar di Boyolali yang Instagramable Berlatar Gunung Merapi

Walaupun objek wisatanya berupa embung, tapi pengunjung hanya bisa memotret saja. Pasalnya ada pagar yang mengitari embung setinggi 1.602 meter persegi untuk alasan keamanan.

Untuk menuju ke sana, disarankan untuk menggunakan sepeda motor yang bertenaga karena jalan ke sana cukup menanjak.

Jika tak percaya diri, pengunjung juga bisa menyewa ojek dengan harga Rp 15.000 untuk perjalanan naik dan Rp 10.000 untuk perjalanan turun.

Pengunjung juga akan dimintai retribusi sebesar Rp 5.000 untuk dana konservasi pembibitan dan penanaman oleh kelompok tani hutan setempat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com