Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pronosutan View Kulon Progo, Pesona Hamparan Sawah Bak Permadani Hijau

Kompas.com - 21/11/2020, 12:01 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Yogyakarta memang tak pernah kehilangan daya tarik wisata. Bahkan, sawah biasa pun bisa jadi tempat wisata menarik yang patut dikunjungi.

Namanya Pronosutan View. Hamparan persawahan yang begitu luas ini terletak di Dusun Pronosutan, Desa Kembang, Kecamatan Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

Beberapa bulan ini, khususnya saat pandemi Covid-19 melanda Indonesia, sawah-sawah milik warga tersebut makin terkenal di media sosial. Beredar foto-foto indah berlatar hamparan sawah hijau dengan jalanan beton yang membelahnya.

“Yang bikin unik mungkin karena mirip padang rumput ya. Iya itu salah satu daya tariknya juga kalau dilihat pakai drone dari atas itu ada jalan beton putih terus sampingnya kayak karpet hijau gitu,” kata salah satu warga sekitar Pronosutan View bernama Anang saat dihubungi Kompas.com, Jumat (20/11/2020).

Baca juga: Omah Cantrik Kulon Progo, Susur Desa Naik VW Safari

Menurut dia, Pronosutan View pertama kali viral dan dikenal masyarakat karena sebuah foto yang diunggah di Instagram.

Saat itu foto yang diunggah merupakan foto hamparan sawah dari atas yang diambil menggunakan drone.

Aktivitas wisata di Pronosutan View

Para wisatawan yang datang bisa melakukan berbagai aktivitas wisata di sana, salah satunya tentu saja berswafoto dengan latar belakang hamparan sawah.

Ada tiga jalan yang berjejer membelah sawah yang biasa ditanami padi dan palawija. Berfoto di tengah jalanan dengan hamparan sawah yang menyerupai karpet hijau di sebelah kanan dan kiri jalan jadi aktivitas paling populer.

Hamparan sawah Pronosutan View Kulon Progo dilihat dari udara.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Hamparan sawah Pronosutan View Kulon Progo dilihat dari udara.

Wisatawan bisa membawa masuk kendaraan mereka, seperti sepeda dan sepeda motor, kecuali mobil. Kendaraan pun bisa menjadi properti foto.

Wisatawan juga banyak yang bersepeda di sekitar Pronosutan View. Banyak yang memang niat membawa sepeda sendiri atau bahkan bersepeda dari Yogyakarta.

Para wisatawan yang hobi bersepeda ini, kata Anang, jadi salah satu sebab mengapa Pronosutan View bisa semakin dikenal.

“Kalau benar-benar viral booming itu pas pandemi kemarin. Jadi belum terlalu terkenal. Hanya orang-orang yang aktif pantau Instagram dan penasaran saja (yang datang). Tapi setelah pandemi kemarin, banyak pesepeda yang banyak main ke sini dan mempopulerkan ini,” terang Anang.

Baca juga: 5 Kegiatan Wisata Menarik di Omah Cantrik Kulon Progo, Apa Saja?

Salah satu alasannya adalah trek di sekitar Pronosutan View cocok untuk bersepeda. Kondisi jalannya bagus, tidak terlalu jauh, sehingga cocok untuk sekadar refreshing.

Warga sekitar Pronosutan View juga menyediakan penyewaan sepeda bagi wisatawan yang tak membawa sepeda, tetapi ingin bersepeda santai di sekitar area wisata. Tarifnya terjangkau, hanya Rp 10.000 di jam pertama dan Rp 5.000 jam kedua, dan seterusnya.

Tarif tersebut berlaku sampai akhir bulan November 2020. Untuk Desember 2020, tarifnya naik menjadi Rp 15.000 di jam pertama dan Rp 5.000 di jam kedua dan seterusnya. Namun, bonusnya para penyewa sepeda akan mendapatkan satu botol air mineral.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com