Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usaha Geopark Ciletuh Pertahankan Status dari UNESCO

Kompas.com - 25/11/2020, 15:50 WIB
Nabilla Ramadhian,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi

KOMPAS.comGeopark Ciletuh Palabuhanratu tengah berupaya mempertahankan status green card UNESCO. Adapun saat ini dalam tahap validasi ulang pada 2021.

“Kalau green card, kawasan dinyatakan lulus sebagai geopark. Pemegang green card berhak menyandang status UNESCO,” kata perwakilan Badan Pengelola CPUGGp yang tidak ingin disebutkan namanya kepada Kompas.com, Selasa (24/11/2020).

Guna mempertahankan status green card, dia mengatakan, pihaknya tengah melaksanakan sejumlah ketentuan terkait kemajuan pengembangan Geopark Ciletuh.

Baca juga: Road Trip Keliling Geopark Ciletuh Sukabumi, Bisa ke Mana Saja?

Salah satunya adalah keterlibatan Geopark Ciletuh dalam Global Geoparks Network (GGN). Ada juga soal struktur manajemen dan finansial, konservasi, promosi, dan pengembangan kelestarian yang berkelanjutan.

“Juga kegiatan-kegiatan pemberdayaan perempuan, dan (keterlibatan) budaya lokal. Itu semua kita laksanakan, semakin dikembangkan,” tuturnya.

Selain itu, ada juga edukasi konservasi dan pemberdayaan masyarakat yang akan semakin dikembangkan salah satunya melalui kegiatan wisata.

Geopark bukan kayak taman rekreasi. Geopark tidak mesti sempurna di awal, tapi dikasih waktu untuk perbaikan sambil melestarikan lingkungan sekitar,” ungkap perwakilan Badan Pengelola CPUGGp.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com