Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisata Waduk Gajah Mungkur Wonogiri Buka Lagi untuk Uji Coba

Kompas.com - 30/11/2020, 15:03 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Salah satu ikon Kabupaten Wonogiri, yakni Waduk Gajah Mungkur sudah buka kembali dan bisa dikunjungi wisatawan sejak Minggu (29/11/2020).

“Pembukaan dari kemarin, tapi untuk uji coba sampai sekitar dua minggu,” kata seorang perwakilan Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Wonogiri yang tidak ingin disebutkan namanya, kepada Kompas.com, Senin (30/11/2020).

Selama tahap uji coba, dia mengatakan bahwa tempat wisata tersebut akan dilihat bagaimana penerapan protokol kesehatannya sebelum melalui tahap evaluasi.

Baca juga: Waduk Gajah Mungkur Surut, Makam Hingga Jembatan Lawas Muncul Kembali

Jika lolos tahap evaluasi, tempat wisata yang sudah tutup sekitar delapan bulan tersebut bisa lanjut menerima wisatawan.

“Wisatawan yang datang bebas dari mana saja selama uji coba ini, enggak cuma dari Wonogiri saja. Kan juga sudah dipublikasikan (pembukaan kembali tempat wisata),” ujarnya.

Selama pembukaan kembali, wisatawan yang akan liburan ke Waduk Gajah Mungkur wajib mematuhi protokol kesehatan yang telah diterapkan, termasuk wajib memakai masker.

Bekas jembatan kereta api di Kecamatan Nguntoronadi, Wonogiri yang terlihat kembali saat Waduk Gajah Mungkur surut pada musim kemarau. (29/9/2019)KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Bekas jembatan kereta api di Kecamatan Nguntoronadi, Wonogiri yang terlihat kembali saat Waduk Gajah Mungkur surut pada musim kemarau. (29/9/2019)

“Lalu jaga jarak, cuci tangan pakai sabun, dan dicek suhu tubuhnya di pintu masuk. Di sana juga sudah tersedia tempat untuk cuci tangan,” kata perwakilan Disporapar Kabupaten Wonogiri itu.

Saat ini, wisatawan sudah bisa menikmati beberapa wahana wisata yang sudah beroperasi kembali termasuk bianglala dan kolam renang.

Sementara itu, penyewaan perahu untuk mengelilingi waduk masih belum beroperasi kembali.

Waduk Gajah Mungkur terletak sekitar enam kilometer sebelah selatan Kota Wonogiri dan mencakup tujuh kecamatan yakni Wonogiri, Ngadirojo, Nguntoronadi, Baturetno, Giriwoyo, Eromoko, dan Wuryantoro.

Baca juga: 6 Aktivitas di Obyek Wisata Waduk Gajah Mungkur

Apabila kamu sedang berada dalam perjalanan dari Kota Wonogiri menuju Kecamatan Pracimantoro atau Baturetno, kamu bisa melihat tempat wisata tersebut.

Selama new normal, Waduk Gajah Mungkur buka setiap hari mulai pukul 08.00-16.00 WIB dengan harga tiket Rp 10.000 per orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com