Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Pesiar Disney Tunda Pelayaran hingga 2021

Kompas.com - 01/12/2020, 10:10 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

Sumber Fox News

KOMPAS.com – Perusahaan kapal pesiar Disney Cruise Line pekan ini kembali memperpanjang penangguhan seluruh pelayarannya hingga 31 Januari 2021.

Melansir Fox News, Rabu (25/11/2020), penangguhan untuk pelayaran yang dibatalkan dari Disney Magic, Wonder, dan Dream berlangsung hingga 1 Februari 2021, sementara Disney Fantasy hingga 6 Februari 2021.

Baca juga: Kapal Pesiar Ini Perpanjang Penghentian Operasional hingga 2021

“Tim kami di Disney Cruise Line tetap fokus pada kesehatan dan kesejahteraan pelanggan dan anggota kami,” kata perusahaan tersebut melalui sebuah pernyataan, mengutip Fox News.

Pihaknya pun secara berhati-hati terus meninjau panduan dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC) dan terus berusaha memulai kembali operasional.

Para tamu yang sudah membayar penuh pelayaran yang terdampak akan ditawari pengembalian uang atau kredit untuk pelayaran di masa depan.

Sementara itu, tamu yang belum membayar penuh akan secara otomatis dikembalikan uangnya senilai yang mereka bayar. Disney telah melonggarkan jadwal biaya pembatalan untuk pembatalan hingga Mei 2021.

Baca juga: Kasus Covid-19 Muncul di Kapal Pesiar Pertama yang Lanjutkan Pelayaran

Para tamu yang melakukan pemesanan sebelum 31 Desember 2020 untuk pelayaran yang dijadwalkan sebelum 31 Mei 2021 juga dapat mengubah tanggal pelayaran hingga 15 hari sebelum keberangkatan.

Setiap tamu dengan gejala atau terpapar Covid-19 dapat membatalkan pelayaran mereka untuk mendapatkan pengembalian uang penuh dalam waktu 14 hari setelah berlayar.

Risiko tinggi penyebaran virus di kapal pesiar

Penangguhan yang diperpanjang terjadi pada minggu yang sama saat CDC menilai risiko tertular Covid-19 di kapal pesiar sangat tinggi.

Ilustrasi kapal pesiar Carnival Sunrise.shutterstock.com/Emilian+Danaila Ilustrasi kapal pesiar Carnival Sunrise.

Badan kesehatan federal telah mencabut No-Sail Order mereka untuk kapal pesiar. Namun, mereka masih mengimbau pelancong untuk menghindari kapal pesiar.

Baca juga: Thailand Sambut Kembali Kapal Pesiar Asing Lewat STV

Selain itu, mereka juga telah menetapkan serangkaian protokol kesehatan yang harus dipenuhi oleh perusahaan kapal pesiar untuk membawa penumpang di perairan Amerika Serikat.

Kapal pesiar lain yang menunda pelayaran

Disney bukanlah satu-satunya perusahaan kapal pesiar yang membatalkan palayaran sebagai tanggapan terhadap pandemi.

Pada Selasa, (24/11/2020), merek milik British Carnival Corp yakni P&O Cruises menuturkan bahwa mereka menunda operasionalnya hingga April.

Baca juga: Terdampak Pandemi, Kapal Pesiar Dipreteli lalu Dijual

Sementara itu, Princess Cruises pekan lalu mengatakan, mereka membatalkan seluruh pelayaran hingga 31 Maret. Untuk pelayaran masuk dan keluar pelabuhan AS lebih dari seminggu dibatalkan hingga 1 November.

Selanjutnya, perusahaan kapal pesiar besar lainnya termasuk Carnival dan Royal Caribbean juga telah membatalkan pelayaran hingga tahun depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Fox News
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com