Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tempat Wisata Yogyakarta Dekat Gunung Merapi yang Buka

Kompas.com - 01/12/2020, 15:31 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Walaupun sedang mengalami status waspada sejak 5 November 2020, masih ada beberapa tempat wisata yang ada di sekitar Gunung Merapi yang tetap dibuka.

Tempat-tempat wisata tersebut dianggap aman untuk beroperasi karena terletak di luar radius berbahaya dari puncak Gunung Merapi, yakni lebih dari 5 kilometer.

Berikut ini beberapa tempat wisata Yogyakarta yang masih buka dan berada di dekat kawasan Gunung Merapi.

1. The Lost World Castle

Terletak di Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta tempat wisata ini menawarkan keindahan alam di lereng Gunung Merapi.

Ada pula fasilitas beberapa spot swafoto yang menarik, seperti taman koboi, awan putih, sepeda motor terbang, dan sayap bidadari.

Tempat wisata The Lost World Castle Sleman Yogjakarta. Kompas.com/Slamet Priyatin Kompas.Com /Slamet Priyatin Tempat wisata The Lost World Castle Sleman Yogjakarta. Kompas.com/Slamet Priyatin

Uniknya, tempat wisata ini dikeliling tembok kokoh. Sehingga banyak pengunjung yang menjulukinya Benteng Takeshi atau Tembok Besar China. Wisatawan juga bisa menikmati pemandangan Gunung Merapi dan hutan di sekelilingnya dari ketinggian.

“The Lost World masih buka seperti biasa karena (jarak) masih tujuh kilometer dari puncak Gunung Merapi,” kata salah seorang pengelola The Lost World Castle bernama Kotel kepada Kompas.com, Selasa (17/11/2020).

Jam buka The Lost World Castle adalah setiap hari pukul 07.00-18.00 WIB dengan harga tiket masuk Rp 30.000 per orang. Anak di bawah 5 tahun gratis.

2. Jeep Wisata Lava Tour Merapi

Bagi kamu penyuka wisata petualangan, salah satu aktivitas wisata yang menarik adalah Merapi Lava Tour. Lokasinya di Kaliurang, tepat di kaki Gunung Merapi.

Kamu bisa naik mobil jeep menyusuri bekas aliran lahar pascaletusan Gunung Merapi. Ada beberapa rute yang bisa ditempuh, yakni rute pendek, sedang, panjang, dan sunrise. Harganya bervariasi, mulai dari Rp 350.000.

Merapi lava tourKompas.com/Ari Prasetyo Merapi lava tour

Walaupun berlokasi di kaki Gunung Merapi, aktivitas ini tetap beroperasi. Namun ada beberapa pembatasan area singgah untuk rute perjalanan jeep tour.

Rute yang dihilangkan adalah Bunker Kaliadem dan Bekas Rumah Mbah Maridjan. Kedua rute tersebut dihilangkan karena termasuk dalam zona merah, yakni berada dalam radius 5 kilometer dari puncak Gunung Merapi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com