Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ide Liburan Akhir Tahun, Bisa Roadtrip ke Jabar dan Lampung

Kompas.com - 03/12/2020, 12:01 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Pemerintah memutuskan untuk memangkas durasi libur akhir tahun 2020. Awalnya berjumlah total 11 hari, kini waktu libur tersisa 8 hari dan jadi dua periode terpisah yakni tanggal 24-27 Desember 2020 dan 31 Desember 2020–3 Januari 2021.

Walaupun periode libur dipangkas, bukan berarti kamu tak bisa liburan. Dengan siasat tepat, kamu tetap bisa memanfaatkan periode libur dengan cara yang aman.

Liburan dengan cara road trip jadi salah satu alternatif liburan aman di masa pandemi. Dengan naik kendaraan pribadi, kamu sangat mengurangi kemungkinan bertemu dengan orang asing selain rombonganmu.

Baca juga: Libur Akhir Tahun Dipangkas, Contek Itinerary Roadtrip ke Bogor, Purwakarta, Bandung

Untuk periode libur akhir tahun, Kompas.com telah merangkum dua itinerary road trip yang bisa kamu manfaatkan. Berikut ini lengkapnya:

24-27 Desember 2020

Di periode pertama libur akhir tahun, kamu bisa memanfaatkannya dengan road trip ke Jawa Barat. Destinasi favorit ini tidak terlalu jauh dari Jakarta, sehingga kamu bisa mampir ke beberapa daerah sekaligus.

Wisata Orchid Forest, di Lembang Bandung, Rabu (1/7/2018)KOMPAS.com/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Wisata Orchid Forest, di Lembang Bandung, Rabu (1/7/2018)

Memulai liburan, kamu bisa mengunjungi Kota Bogor. Di sana, kamu bisa sarapan di Surakencana, jalan-jalan di Kebun Raya Bogor, serta dan mengunjungi enam museum yang terletak di sekitar Kebun Raya Bogor.

Setelahnya, kamu bisa menginap di camping ground area Sentul, Kabupaten Bogor. Di hari kedua, saatnya menjelajahi wisata alam sekitar Sentul, yakni trekking ke tiga curug di sana. Curug Ciburial, Curug Kembar, dan Curug Hordeng.

Setelah lelah berwisata alam, saatnya mengisi perut di Pasar Ah Poong, sambil bersiap melaju ke tujuan selanjutnya, yakni Purwakarta. Saatnya berisitrahat sebelum mulai menjelajahi Purwakarta esok hari.

Baca juga: 10 Tempat Wisata Bandung yang Sudah Buka Saat New Normal

Keesokan harinya, kamu bisa memulai hari dengan sarapan sate maranggi yang spesial di Sate Maranggi Haji Yetty. Kemudian berburu spot foto di Tebing Boyer, melihat alam dari ketinggian di Bukit Panenjoan, dan makan malam di Saung Manglid.

Dari Purwakarta, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke arah Bandung. Tak perlu lewat Jalan Tol Cipularang, kamu bisa menempuh jalur masuk ke Bandung melalui Subang dan Lembang.

Sesampainya di Lembang waktunya beristirahat di Sari Ater Hotel & Resort. Di mana kamu bisa sekalian berendam di kolam air panas untuk melepas lelah.

Keesokan harinya mulai petualangan di hari terakhir liburanmu. Mulai dengan sarapan sate kelinci yang kedainya tersebar di sepanjang jalan menuju Lembang. Kemudian mampir untuk menengok kawah Tangkuban Perahu yang terkenal.

Lembang Park & Zoo memiliki resto dengan sensasi pemandangan harimau. Pengunjung bisa makan santai hanya berjarak satu meter dari harimau. Dok LEMBANG PARK & ZOO Lembang Park & Zoo memiliki resto dengan sensasi pemandangan harimau. Pengunjung bisa makan santai hanya berjarak satu meter dari harimau.

Selanjutnya saatnya mengisi perut sambil piknik di alam terbuka di Orchid Forest, Cikole. Lalu lanjut mengenal binatang di Lembang Park and Zoo.

Setelah puas berwisata di Lembang, saatnya turun ke Kota Bandung. Kamu bisa membeli oleh-oleh di Prima Rasa Bakery Pastry lalu mengisi perut sebelum pulang ke Jakarta di Mih Kocok Mang Dadeng.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com