Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Tips Aman Menginap di Hotel Selama Pandemi Covid-19

Kompas.com - 04/12/2020, 11:01 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Sebagian besar masyarakat sudah mulai berani untuk liburan ke sejumlah destinasi wisata, termasuk yang jaraknya cukup jauh.

Untuk menghindari rasa lelah selama menjelajahi destinasi wisata yang dituju, penginapan pun dilirik sebagai tempat singgah sementara.

Apabila kamu masih takut untuk menginap di hotel selama pandemi Covid-19, terdapat sejumlah tips agar pengalaman menginap menjadi lebih aman.

Baca juga: Apa yang Paling Dicari Wisatawan Saat Menginap di Hotel Selama Pandemi?

“Pastikan hotel yang dipesan telah menerapkan protokol kesehatan,” kata Sekretaris Jenderal Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Maulana Yusran kepada Kompas.com, Kamis (3/12/2020).

Selain memastikan protokol kesehatan yang diterapkan, ada juga tips lain agar wisatawan bisa menginap dengan aman di hotel selama pandemi Covid-19 yang telah Kompas.com rangkum:

1. Pastikan hotel menerapkan protokol kesehatan

Hal pertama yang wajib dipastikan oleh wisatawan sebelum memesan hotel adalah apakah hotel yang akan dituju telah menerapkan protokol kesehatan.

Senada dengan Maulana, Ahli Epidemiolog Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Hermawan Saputra menyarankan agar wisatawan cari informasi lain seputar hotel yang akan dituju.

Protokol kesehatan hotel The Kuningan Suites, Jakarta, Jumat (17/7/2020).kompas.com / Nabilla Ramadhian Protokol kesehatan hotel The Kuningan Suites, Jakarta, Jumat (17/7/2020).

“Cari tahu hotel punya pengakuan penerapan protokol kesehatan atau tidak. Biasanya ada dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau IAKMI terkait sertifikasi kebersihan dan kesehatan,” katanya kepada Kompas.com, Kamis.

Dia melanjutkan, tamu juga harus memeriksa apakah protokol kesehatan diterapkan juga dalam pembersihan berkala barang-barang, seperti kunci kamar agar tamu merasa aman dan nyaman.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com