Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hadapi Libur Akhir Tahun 2020, Begini Persiapan Kota Bandung

Kompas.com - 08/12/2020, 08:01 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung telah membentuk tim khusus dalam persiapannya menyambut libur akhir tahun 2020.

Berdasarkan keterangan pers yang Kompas.com terima, Senin (7/12/2020), tim tersebut bernama Tim Internal Monitoring Penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru pada Usaha Jasa Pariwisata.

“Tim ini akan melakukan kunjungan ke para pelaku usaha pariwisata,” seperti tertera dalam keterangan pers tersebut.

Baca juga: 5 Kuliner Mi Legendaris Bandung yang Patut Dicoba

Melalui kunjungannya, tim akan memastikan setiap pelaku pariwisata di Kota Bandung benar-benar menerapkan protokol kesehatan sesuai Peraturan Wali (Perwali) Kota Bandung Nomor 73 Tahun 2020.

Adapun, Perwali Kota Bandung Nomor 73 Tahun 2020 tentang Perubahan Keempat Atas Perwali Kota Bandung Nomor 37 Tahun 2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Adaptasi Kebiasaan Baru Dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

“Tim ini nantinya akan melakukan koordinasi secara berkala dengan perangkat daerah lainnya, seperti Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, dan Satpol PP,” terang Disbudpar Kota Bandung.

Persiapan pasca-zona merah

Sejak beberapa hari terakhir, Kota Bandung secara resmi memasuki zona merah dan menerapkan PSBB proporsional guna menekan angka penyebaran Covid-19.

Diterapkannya PSBB proporsional membuat daerah tersebut membatasi aktivitas wisata dan pergerakan wisatawan ke Kota Bandung.

 Baca juga: Sejarah Gedung Sate yang Kini Berusia 100 Tahun

Kendati demikian, jika menjelang libur akhir tahun Kota Bandung menunjukkan kondisi yang membaik, Pemkot Bandung telah melakukan berbagai upaya bagi calon wisatawan.

“Salah satunya, Pemkot Bandung telah melakukan verifikasi atas self-declare beberapa usaha pariwisata yang telah memenuhi standar CHSE,” jelasnya.

ILUSTRASI - Gedung Sate, Bandung, JabarShutterstock ILUSTRASI - Gedung Sate, Bandung, Jabar

Hingga berita ini ditulis, terdapat 49 hotel di Kota Bandung yang telah memiliki sertifikat CHSE dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan Sucofindo dengan nilai memuaskan.

Agar wisatawan makin yakin dan tidak ragu untuk berkunjung ke Kota Bandung saat libur panjang, daftar hotel dapat dicek di disbudpar.bandung.go.id.

Baca juga: Jangan Buru-buru Keluar Gedung Sate, Ada Rangkaian Lukisan Keren

Kemudian, Pemkot Bandung juga akan membuka pos pemeriksaan kesehatan pada dua terminal pintu masuk Kota Bandung, yakni Terminal Leuwi Panjang dan Cicaheum.

Nantinya, petugas pada pos tersebut akan melakukan sampling terhadap penumpang, khususnya yang berasal dari luar kota.

Adapun, pintu masuk bandara dan stasiun kereta api kini telah dilakukan penerapan protokol kesehatan oleh otoritas masing-masing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com